22 Juta Pelajar Belajar Lewat Platform Pendidikan Pada 2020

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

KEGIATAN belajar-mengajar tidak berhenti walau pandemi. Setiap pelajar masih terus semangat belajar walau dilakukan secara daring atau jarak jauh. Platform pendidikan menjadi andalan mereka untuk tetap menimba ilmu.

Hingga Desember 2020, platform pendidikan Ruangguru telah melayani lebih dari 22 juta pengguna di seluruh Indonesia. Angka ini meningkat sebanyak 7 juta pengguna atau setara dengan 46 persen dibandingkan dengan data per akhir Desember 2019.

Setelah pemerintah mengumumkan pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Maret 2020, Ruangguru menghadirkan berbagai inisiatif produk, layanan, inovasi baru, dan program sosial untuk mendukung 68 juta siswa dan 4 juta guru yang melaksanakan PJJ.

“Tidak terkecuali mereka yang tinggal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Kami ingin berkontribusi untuk berupaya agar tidak ada pihak yang tertinggal dalam kegiatan belajar mengajar,” tutur Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru dalam keterangan resminya.

Sebagai bentuk kepedulian untuk meringankan beban para pihak yang terdampak pandemi, Ruangguru melaksanakan berbagai macam inisiatif sosial semisal meluncurkan Sekolah Online Ruangguru Gratis.

Ruangguru juga memberikan akses kuota internet gratis selama mengakses layanan Ruangguru hingga membuka 250 modul pelatihan guru yang telah diakses lebih dari 200.000 guru. “Pemanfaatan teknologi pendidikan Ruangguru disambut positif oleh jutaan siswa dan guru,” papar Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru.

Pada 2020, Ruangguru meluncurkan berbagai inovasi produk dan layanan dengan beradaptasi pada situasi pandemi. Untuk membantu pelaksanaan PJJ, Ruangguru meluncurkan produk ruangkelas gratis dan sistem tata kelola PJJ.

Beragam varian produk dan fitur baru untuk menghadirkan pengalaman belajar yang semakin efektif dan menyenangkan. Misalnya teman belajar bagi anak Ruangguru Pets, Asah Otak untuk menguji pemahaman siswa dengan berbagai macam pertanyaan, fitur tanya jawab gratis melalui WhatsApp, bimbingan belajar interaktif melalui Brain Academy Online, dan rapor orang tua melalui WhatsApp.

“Kita telah melalui salah satu tahun terberat untuk dunia pendidikan. Kita dituntut untuk belajar dengan cara yang tidak biasa. Saya mengajak seluruh siswa, guru, dan pelaku pendidikan lainnya di Indonesia untuk bangkit bersama, bahu-membahu, dari segala kesulitan yang kita lalui di tahun 2020,” tutup Nicholas Saputra, Duta Belajar Ruangguru.  

sumber : merahputih.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *