Mahasiswa KKN Untag Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan, Kebersihan, dan Pendidikan

OPINI

Oleh : Monica Erina

Mahasiswa Untag Wiraswasta

Surabaya, 1 Januari 2020, Sebelum adanya wabah pandemi covid-19 kegiatan Kuliah Kerja Nyata berlangsung selama satu sampai dua bulan di daerah tertentu dan dilaksanakan secara berkelompok. Namun saat wabah pandemi seperti ini kegiatan KKN dilakukan secara individu di kampung halaman masing-masing mahasiswa. Dalam pelaksanaannya pun, peserta KKN tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya  yang bernama Monica Erina yang tetap melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), ditengah wabah pandemi covid-19 di kecamatan Sukomanunggal Surabaya . Dengan dosen pembimbing Dr.Dra.Tries Ellia Sandari, MM., CMA. Monica melakukan beberapa program kerja nyata yang diantarannya adalah Melakukan senam Aerobic, Melatihkan cuci tangan yang benar kepada seluruh warga RT07 dan pendampingan pendidikan di era new normal kepada anak-anak. Menurut Monica, KKN tahun ini adalah KKN yang luar biasa, karena KKN dilaksanakan secara individu dengan energi ekstra. “Di era Pandemi New Normal ini harus super sabar pokoknya” Ungkap Monica.

Warga sangat senang dengan adanya program senam yang dilaksanakan, Menurut warga Senam Aerobic dapat membantu meningkatkan Imun tubuh karena dengan bergerak santai badan terasa bugar dan tetap sehat. Senam Aerobic diikuti oleh seluruh warga RT 07 kec. Sukomanunggal Surabaya dengan dipimpin oleh Instruktur senam yang handal dari salah satu Club Senam ternama di Surab

Selain Senam Aerobic, program kerja yang Monica laksanakan adalah Melatihkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar kepada warga, disekitar Kec.Sukomanunggal. Selain mencuci tangan, Monica juga membagikan sejumlah masker kepada warga. Mencuci tanganan masker adalah point penting di Era New Normal ini, karena dengan mencuci tangan dengan benar, dan memakai masker dapat menghindarkan kita dari virus Covid-19. Program KKN terakhir yang diberikan Monica, adalah program pendampingan Pendidikan, sasaran utamanya adalah anak-anak dibangku SMP yang melaksanakan Pendidikan dengan system daring. Karena bosan, Monica melaksanakan pendampingan dengan bertatap muka secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Dalam pelaksanaan kegiatan ini mendapat tanggapan dari warga setempat dan mendapat dukungan yang antusias dari warga , sebagaimana yang dikatakan oleh ketua RTnya bahwa kegiatan KKN mahasiswa UNTAG Surabaya ini sangat bermanfaat bagi warganya.

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoKampus

#KampusKompeten

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *