UNY Luncurkan Produk Virtual Reality

Kampus

SLEMAN — Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meluncurkan produk virtual reality (VR) karya dosen dan mahasiswa. Sepanjang 2020, ada 10 produk yang dihasilkan bekerja sama kampus-kampus mitra luar negeri.

Ada Simulator VR Boeing 737, VR Based Maintenance Simulation, E-Lab, VR Garment Production Planning, VR Restaurant dan VR Two Stroke Engine, VR Hair Coloring & Bleaching, VR KSI Sipil dan Dynamic Float Telemetry (Difloty).

Terakhir, ada IoT Enable Ventilator Monitoring System for Covid-19 Patients. VR merupakan teknologi yang membuat pengguna berinteraksi dengan lingkungan, disimulasikan komputer dan bangkitkan suasana 3D yang membuatnya begitu nyata.

“Karya ini sangat relevan dengan kondisi terkini dunia yang tengah menghadapi pandemi Covid-19,” kata Dekan FT UNY, Prof Herman Dwi Surjono, Kamis (7/1).

Plt Rektor UNY Prof Margana memberikan apresiasi tinggi ke para pengembang FT UNY yang telah berjuang keras menghasilkan produk-produk VR tersebut. Dia berharap, inovasi ini terus dikembangkan agar dirasa manfaatnya oleh publik.

Margana menilai, VR telah menjadi bagian penting dunia pendidikan saat ini, yang memang membutuhkannya agar tetap relevan. Termasuk, sebagai salah satu terobosan meningkatkan minat belajar siswa yang sangat sadar teknologi.

“Kami berharap FT dapat terus menjadi pionir dan pendorong utama dalam pengembangan virtual reality ataupun internet of things dalam proses pembelajaran di lingkungan UNY,” ujar Margana.

Sumber : republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *