Mahasiswa UNTAG Surabaya Melakukan Kegiatan masyarakat pendidikan

Jawa Timur Kampus

Surabaya, – Zulfia Izzati Firdaus merupakan salah satu mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dari Fakultas Ekonomi Manajemen melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wonerejo RT 03/ RW 08, Kec. Rungkut, Kabupaten Surabaya Dengan dibimbing oleh dosen pembimbing lapanganya Ibu Ida Ayu Nuh Kartini, Se., Mm.

Di masa pandemi Covid-19 Era New Normal ini kebijakan dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mahasiswa tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) namun wajib dilakukan di tempat tinggal masing-masing mahasiswa, hal ini dengan tujuan agar mahasiswa tetap dapat melaksanakan kegiatan KKN dengan mengurangi risiko terjadinya penularan Covid-19 dan memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melakukan pengabdian diwilayahnya masing-masing.

TPQ Muhammadiyah 27 Surabaya mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak sejak dini supaya menjadi pondasi bagi anak sehingga anak dapat membedakan mana yang harus diikuti dan mana yang harus dijauhi. Keberadaan TPQ Muhammadiyah 27 Surabaya sangat penting untuk menciptakan generasi Islam yang qurani. Secara umum memberikan dampak positif dalam meneruskan generasi Islami apalagi dalam belajar Al-quran dalam melaksanakan proses belajar mengajar membaca dan menulis Al-quran untuk anak-anak guna meningkatkan pemahaman nilai keimanan dan ketaqwaan.

Seiring perkembangan zaman metode pembelajaran baca tulis Al-quran juga turut berkembang pada setiap TPQ dengan menggunakan metode yang berbeda-beda akan tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan belajar membaca dan menulis Al-quran. Metode pembelajaran baca tulis Al-quran yang diterapkan di TPQ Muhammadiyah 27 Surabaya menggunakan metode iqro’ untuk permulaan dalam membaca Al-quran.

Dalam kegiatan KKN ini Zulfia Izzati Firdaus melakukan kegiatan mengajar mengaji anak-anak di mesjid muhammadiyah 27 surabaya. KKN merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa – mahasiswi semester tingkat akhir di perguruan tinggi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Hal tersebut bukan semena – mena hanya untuk mendapatkan nilai sebagai syarat kelulusan, tetapi didasari pula oleh visi dan misi kehadirannya kampus merah putih ditengah masyarakat dapat memberikan suatu manfaat yang baik. KKN tahun ini bertepatan dengan wabah pandemi covid – 19, sehingga KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) kali ini sedikit berbeda dari KKN biasanya. Umumnya kegiatan ini biasa dilakukan secara berkelompok dan pergi ke desa – desa yang ada di wilayah Jawa Timur, tetapi untuk kegiatan KKN kali ini pelaksanaan program kerjanya secara individu dan di lingkungan tempat tinggal masing – masing.

Berbicara mengenai program kerja KKN, fokus program kerja Zulfia adalah tentang pendamping mengajar mengaji anak-anak di mesjid Muhammadiyah 27 Surabaya. KKN berlangsung selama 12 hari berturut – turut di Desa Wonerejo RT 03 RW 08, Kec. Wonerejo, Kabupaten Surabaya Jawa Timur. Penyuluhan yang Zulfia berikan yaitu mengajar mengaji agar anak-anak dapat mempelancar ngajinya dan agar tidak bosan dikala pandemi ini.

Sumber : jurnalpost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *