6 Cara Belajar Bahasa Asing yang Efektif

Program Pendidikan

Jakarta:  Menguasai kemampuan bahasa asing, setidaknya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi bekal yang wajib dimiliki oleh masyarakat Indonesia di era globalisasi saat ini.  Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk itu.

Padahal, kemampuan bahasa asing akan menjadi nilai tambah dalam menaklukkan berbagai kesempatan.  Salah satunya saat berburu beasiswa maupun mencari pekerjaan.

Faktanya, para pemberi beasiswa dan kerja biasanya lebih lebih tertarik kepada calon mahasiswa maupun pencari kerja yang menguasai bahasa asing.  Melansir akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) @kemdikbud.ri membagikan tips bagaimana cara meningkatkan level kemampuan bahasa asing.

Berikut 6 cara meningkatkan kemampuan bahasa asing versi Kemendikbud:

1,  Harus Komitmen

Ketika berniat meningkatkan level kemampuan bahasa asing, poin pertama yang paling penting adalah komitmen. Dalam komitmen tersebut juga harus dibarengi dengan membuat capaian target belajar. Di samping itu juga penting membuat jadwal rutin belajar bahasa asing agar dapat memantau perkembangannya.

2.  Buat Catatan

Buatlah catatan ketika belajar bahasa asing. Catatan ini dapat berisi kosakata dan frasa baru beserta maknanya. Dengan begitu ketika suatu saat lupa, maka catatan tersebut bisa kembali dibuka.

3.  Praktikkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari  merupakan kunci supaya fasih berbahasa asing. Mulailah gunakan bahasa yang dipelajari dari hal-hal kecil, seperti menyapa, menanyakan kabar, atau meminta tolong.  Cari teman untuk berlatih bersama bahasa asing atau coba mencari peluang untuk ngobrol dengan native speaker.

4.  Belajar dari Berbagai Media

Selain dari buku, belajar bahasa asing juga bisa menggunakan berbagai pilihan media.  Seperti film, video, musik ataupun acara televisi dalam bahasa yang dipelajari. Lakukan ini secara rutin. Dengan begitu akan terbiasa dengan pengucapan kosakata,  juga belajar kosakata baru.

5.  Gunakan Kamus atau Alat Penerjemah

Kamus dan alat penerjemah akan sangat membantu ketika menemukan kosakata yang tidak dimengerti. Jadi jangan ragu menggunakannya.

6. Tetap Percaya Diri

Percaya diri penting, jangan takut salah. Salah ketika belajar adalah hal yang wajar. Dengan kesalahan tersebut kita jadi tahu apa yang perlu diperbaiki. Juga jangan ragu bertanya jika ada yang tidak dimengerti

Sumber : medcom.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *