Begini Cara Belajar Siswa TK ISLAM TAMAN FIRDAUS Belajar Secara Daring

Jawa Barat

Depok — Penerapan belajar online di rumah bagi banyak sekolah merupakan cara preventif paling tepat dalam menghadapi virus Corona (Covid-19) yang semakin melonjak belakangan ini. Proses belajar daring ini tentunya diharapkan dapat menjauhkan anak dari kemungkinan terpapar virus Corona. Proses belajar daring ini tak hanya diterapkan oleh sekolah dasar, atau pun sekolah menengah saja, melainkan juga bagi tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).

Dalam proses pelaksanaannya, guru-guru di TK Islam Taman Firdaus yang berada di Jalan Durian Raya, Perumnas Depok 1, setiap minggunya terlebih dahulu melakukan diskusi pengembangan konten dan tema pembelajaran. Diskusi tersebut mencakup membentuk unit pembelajaran, menentukan learning objective hingga rangkaian kegiatan apa yang akan dilakukan oleh anak-anak di rumah bersama orang tua mereka. “Kami memulai dengan merencanakan konten dan tema sesuai unit pembelajaran. Kemudian, menemukan learning objective yang sesuai, merangkai kegiatan, hingga membuat pembelajaran online yang menarik.” tukas Ita Rohmulyati, Wakil Kepala Sekolah TK tersebut.

Meskipun belajar secara daring, guru-guru di TK Islam Taman Firdaus tetap mendorong murid-murid bermain secara aktif bersama orang tua, dan belajar menjadi individu yang kreatif. Hal itu terlihat dengan pembuatan program belajar yang menarik di setiap harinya, seperti belajar berhitung dengan batang es krim, hafalan surat pendek, belajar iqra,bermain playdough, melakukan conference call, mewarnai gambar/melukis, dan lain sebagainya.

“Setiap kegiatan tentunya harus mendorong anak-anak untuk tetap aktif meski di rumah dan tetap mengembangkan kompetensinya yakni menjadi kreatif’, Bu Yani guru kelas A menambahkan.

Proses belajar di TK ini secara daring turut mendorong antusiasme orang tua untuk mendampingi anak-anaknya dan juga belajar bersama. Kegiatan bekerja dari rumah juga menjadi salah satu alasan keikutsertaan orang tua untuk turut belajar bersama anak-anak.

Proses belajar bagi anak usia dini secara online di rumah saat Covid-19 ini menjadi sebuah langkah yang tepat untuk pengembangan proses belajar digital di tingkat pra-sekolah. “Dalam kondisi seperti ini, pembelajaran online bagi anak usia dini saya rasa tepat sekali.” ujar Rahman, pemerhati pendidikan bekerja di LIPI.

Sebagai sekolah yang sudah lama berdiri dan mendapat kepercayaan dari masyarakat, TK Islam Taman Firdaus selalu berupaya untuk tetap mempertahankan hak murid sebagai subyek pendidikan agar tetap belajar dalam kondisi apapun.

Sumber : hariansederhana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *