Kadisdik : Siswa Diedukasi Mengelola Sampah

Disdik

BALAIKOTA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menyambut baik program pengeloaan sampah kepada siswa sekolah.

Hal itu dikatakan Kadisdik Kota Depok, Mohammad Thamrin menjawab wartawan Harian Sederhana terkait pengelolaan sampah yang diajarkan guru di sekolah pada Selasa (12/1/2021).

“Di sekolah-sekolah siswa diperkenalkan dan mempraktikkan bagaimana pengelolaan sampah yang baik dan benar,” kata Thamrin melalui WhatsApp.

Praktik tersebut, dikatakan lebih lanjut, mulai dari memilah sampah sampai mengolah sampah menjadi kompos. “Kegiatan itu sudah dilakukan di sekolah,” terang Kadisdik.

Kegiatan seperti ini, ditambahkannya, menjadi edukasi para siswa sehingga mereka mempraktikkannya untuk mengelola sampah yang baik dan benar.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Iyay Gumilar menyatakan pihaknya komitmen mengoptimalisasi masalah sampah di Kota Depok.

Namun perlu dukungan dan kepedulian masyarakat untuk pengeloaan sampah, sehingga sampah dapat dikelola dengan baik. Langkah yang dilakukan pihaknya secara kontinu melakukan sosialisasi pengelolaan sampah.

“Kita lagi cara format sosialisasi pengelolaan sampah kepada masyarakat, karena saat ini di masa pandemi Covid-19 sosialisasi pemilahan sampah bisa dilakukan secara personal,” kata Iyay Gumilar pada Jumat (8/1/2021).

Karena dengan pengelolaan sampah secara bersama, lanjut dia, sampah di pinggir jalan, tepi kali dan sungai dapat diminimalisir, sehingga Kota Depok bebas sampah.

“Sampah jika dipilah dan dikelola secara baik akan membuat lingkungan nyaman. Selain itu memiliki nilai ekonomis melalui daur ulang sampah,” ujarnya.

Dirinya juga mengagendakan program pengelolaan sampah di setiap sekolah baik itu dari tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK dan MA, sehingga para siswa nantinya menjadi terbiasa untuk menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah.

“Dengan program pengelolaan sampah di sekolah minimal siswa tidak buang sampah sembarangan. Sampah dibuang pada tempatnya sesuai dengan jenisnya,” terangnya.

Sumber : hariansederhana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *