Apakah Memiliki Kepribadian Introvert Itu Lebih Buruk Dibanding Ekstrovert?

OPINI

Oleh : Eva Nur Kumalasari

Hi All, pasti kalian tidak asing lagi jika mendengar kata “introvert” maupun “ekstrovert”.  Ya, baik introvert maupun ekstrovert merupakan jenis kepribadian yang dimiliki oleh setiap individu. Namun, yang membedakan disini adalah karakter yang dimiliki oleh seorang introvert ataupun ekstrovert itu sendiri.

Banyak orang disana yang beranggapan bahwa sifat-sifat dari introvert ini kurang baik. Dan banyak juga orang yang beranggapan bahwa ekstrovert ini lebih terbuka karena senang berkumpul dengan banyak orang daripada introvert itu sendiri yang cenderung menyukai kesendirian dan tertutup.

Padahal menurut saya, baik introvert maupun ekstrovert ini  bukan perkara baik atau buruknya, karena memang dari perkiraan populasi itu sendiri orang ekstrovert dengan introvert memiliki perbandingan 3:1 yang menandakan terdapatnya penonjolan dari sisi ekstrovert itu sendiri karena lebih banyak orang ekstrovert dibanding introvert.

Dan hal itu juga dapat membuat si introvert ini merasa bahwa dirinya kurang diterima dalam pergaulan. Apabila si introvert ini dipaksakan menerima lingkungan ektrovert maka yang terjadi adalah terdapat ketidaknyamanan dari si introvert itu sendiri.

Begitupula dalam hal Public Speaking, dimana hal ini mungkin beberapa dari si introvert mengalami kesulitan saat melakukan Public Speaking. Karena si introvert cenderung pemalu berbicara di depan umum.

Namun, tidak semua orang introvert ini malu loh ketika berbicara di depan umum, ada juga kok orang introvert yang jago Public Speaking di depan umum. Mereka juga bisa kok ngumpul sama temen-temennya. Tapi biasanya  orang introvert ini punya stok energi sosial sendiri. Mereka punya batasan tenaga dan biasanya kalau tenaganya habis, mereka cenderung memilih untuk sendiri.

Dan apakah orang introvert ini tidak bisa sukses? Jawabannya adalah BISA. Baik itu introvert maupun ekstrovert semuanya bisa asalkan mau bekerja keras dan pantang menyerah. Adapun tokoh popular introvert yang saat ini namanya sudah mendunia yaitu Bill Gates, Larry Page, Mark Zuckerberg, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya disini adalah tidak ada kepribadian yang tidak baik. Baik introvert maupun ekstrovert itu semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri-sendiri. Namun ada hal yang harus diperhatikan disini adalah sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Karena perbedaan itu merupakan seni yang indah bukan? So, cintailah dirimu sendiri baik itu introvert maupun ekstrovert itu sama saja, tidak ada yang lebih buruk ataupun tidak ada yang lebih baik :))

sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *