Jalur SNMPN-SNMPTN, Politeknik Negeri Padang Sediakan 1.700 Kuota Mahasiswa Baru

Kampus sumatera barat

PADANG– Politeknik Negeri Padang ( PNP ) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) untuk prodi D-III dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk Sarjana Terapan (D-IV).

Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto mengatakan, untuk penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPN, dilaksanakan bersama dengan 44 Politeknik Negeri di seluruh Indonesia dan pendaftaran calon mahasiswa dilakukan secara online melalui website https://snmpn.politeknik.or.id.

“Untuk pendaftarannya, dibuka mulai 11 Januari sampai 19 maret 2021. Sedangkan pengumuman hasil kelulusan, dilakukan pada 6 April 2021,” kata Revalin saat sosialisasi SNMPN dan Informasi Penerimaan Mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022, Senin (25/1/2021).

Kemudian untuk jalur SNMPTN, kata Revalin melanjutkan, pendaftarannya dibuka tanggal 15-24 Februari 2021. Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN ini, juga dilakukan secara online melalui website https://portal.limpt.ac.id dan penerimaannya dilaksakana bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia.

“Untuk jalur SNMPTN ini, calon mahasiswa tidak hanya bisa memilih program studi di politeknik, tapi juga bisa memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri dan Institut yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Selain mensosialisasikan SNMPN dan SNMPTN, pada sosialisasi yang digelar secara virtual dan dihadiri oleh seluruh kepala sekolah SMA/SMK/MA di Sumatera Barat itu, Revalin juga membeberkan jalur penerimaan mahasiswa lainnya di PNP.

Revalin menambahkan, ada tujuh jalur penerimaan mahasiswa baru di PNP . Selain SNMPN dan SNMPTN, jalur lainnya adalah melalui Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) yang digelar bersama 44 Politeknik Negeri se-Indonesia. Pendaftaran SBMPN ini juga digelar online pada 10 Mei-10 Juni 2021.

Kemudian, melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarannya dibuka pada 12 Maret – 1 April 2021. Melalaui Ujian Masuk Politeknik kelas kerjasama dengan PT Trakindo Utama, dan pendaftyarannya dibuka mulai 8 April-31 Mei 2021.

Selanjutnya, penerimaan mahasiswa baru Management & Sciense University (MSU) Malaysia yang dibuka pada 19 Mei-15 Juli 2021. Program MSU ini hanya untuk Program Studi Manajemen Informatika yang pelaksanaan kuliahnya, tiga tahun di PNP dan 2 tahun di MSU Malaysia.

“Lulusan program ini langsung menyandang gelar master,” tuturnya.

Terakhir, kata Revalin, yaitu melalui Seleksi Mandiri program D-III dan D-IV masuk PNP. Pendaftaran seleksi mandiri ini dibuka pada 15 Juni-28 Juli 2021 dan pendaftarannya juga dilaksanakan secara online di website https://pmb.pnc.ac.id.

Dari semua seleksi penerimaan mahasiswa baru ini, kata Revalin melanjutkan, PNP sendiri akan menerima sekitar 1.700 mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Rinciannya, 30 persen mahasiswa baru berasal dari seleksi SNMPN dan 30 persen SNMPTN.

“Kemudian sisanya, berasal dari penerimaan jalur SBMPN, SBMPTN, kelas kerjasama dengan PT Trakindo Utama, MSU International Progression Program dan seleksi mandiri,” bebernya.

Sumber :  harianhaluan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *