Pelaksanaan Asesmen Nasional Diundur

OPINI

Oleh : Slamet Firdaus (Guru Sekolah Dasar Indonesia)  

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional (AN). Jadwal AN pun bergeser menjadi September dan Oktober 2021.

Pergeseran waktu Asesmen Nasional juga bersanding dengan prinsip kesehatan dan keselamatan warga pendidikan adalah yang paling utama.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim menyertakan bahwa Kemdikbud telah memutuskan untuk menundanya agar persiapan dari sisi akselerasi vaksin harapannya sudah lebih mendalam, tapi juga untuk memastikan protokol kesehatan masih terjaga dan persiapan cukup waktu untuk melaksanakan itu dan menjelaskan pentingnya Asesmen Nasional (AN) sebagai baseline bagi kebijakan lainnya.

Jika tidak melakukan Asesmen Nasional di tahun 2021 dampaknya akan sangat dramatis, karena dampak dari pandemi ini terhadap learning outcome dan seberapa besar lost yang dihadapi dan mana itu semuanya tidak akan terlihat.

Data baseline dibutuhkan di antaranya untuk mengetahui mana sekolah, daerah yang paling butuh bantuan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Bantuan itu baik dari sisi anggaran, kebutuhan pelatihan, serta bentuk dukungan lainnya.

Di tahun 2020 tidak ada ujian dalam skala nasional di  2020 karena pandemi, dan 2021 pun kalau misalnya tidak dilaksanakan dipastikan tidak akan punya data poin baseline-nya.

Artinya tidak akan bisa mengetahui mana sekolah-sekolah atau daerah-daerah yang paling tertinggal. Dan kalau tidak mengetahui mana sekolah-sekolah yang paling tertinggal, kemdikbud tidak bisa membuat strategi penganggaran, strategi bantuan untuk sekolah-sekolah yang paling membutuhkan bantuan kita. Inilah alasan terpenting harus ada baseline terhadap Asesmen Nasional di tahun 2021.

AN pun penting sebagai tolok ukur progres sehingga bisa melihat perbandingannya dengan nanti 2022, apakah nanti ada peningkatan, apakah stagnan.

Semoga bermanfaat.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *