Rektor Untar Terpilih Jadi Ketua BKM-PII 2021-2024

Kampus

JAKARTA:  Rektor Universitas Tarumanagara (Untar), Agustinus Purna Irawan terpilih menjadi Ketua Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII) periode 2021-2024.  Sebagai sebuah asosiasi profesi, BKM-PII perlu bergerak maju.

Salah satunya dengan melakukan pastisipasi dan kolaborasi berlandaskan komitmen untuk melakukan pelayanan prima, sehingga dapat membawa organisasi menjadi lebih besar, diakui, serta disegani.  Semua ini, kata Agustinus, membutuhkan keberanian untuk terbuka dan berubah.

“BKM adalah rumah kita bersama bagi sarjana teknik mesin dan insinyur profesional teknik mesin, maka perlu membangun kolaborasi dan mengimplementasikan, yakni setiap anggota perlu berkontribusi secara positif demi kemajuan BKM-PII,” kata Agustinus, dalam keterangan tertulis, Senin, 25 Januari 2021.

Agustinus mengatakan, bahwa BKM-PII perlu menyentuh perguruan tinggi agar para calon sarjana mesin dapat mengenal organisasi ini. Ada delapan Indikator Kinerja Utama di perguruan tinggi, salah satunya yaitu kolaborasi dengan dunia profesi dan industri.

Kolaborasi Perguruan Tinggi sebagai penghasil sarjana teknik mesin dengan praktisi yang sudah tergabung dengan BKM-PII harus diwujudkan agar dapat membangun komunitas praktisi teknik mesin, insinyur teknik mesin serta sarjana teknik mesin yang andal demi memenuhi harapan bangsa dan negara.

“Untar membangun kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dalam pengembangan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, termasuk dengan Asosiasi Profesi,” ujarnya.

BKM-PII merupakan Asosiasi Profesi bagi Sarjana Teknik Mesin dan Insinyur Profesional Teknik Mesin. Untar memiliki Prodi Teknik Mesin yang alumninya akan menjadi bagian dari BKM-PII. Oleh karenanya, Untar mendukung dan memfasilitasi kegiatan BKM-PII di Untar untuk berkontribusi dalam pengembangan Asosiasi Profesi.

Menurutnya, kolaborasi yang baik perlu terus dibangun dengan Asosiasi Profesi sehingga semua dapat berkembang bersama dalam menghasilkan SDM Unggul untuk Indonesia Jaya. “Semoga ke depannya BKM-PII dapat mengembangkan diri menjadi Asosiasi Profesi yang makin bermanfaat bagi semua anggota dan para mitranya,” terang Agustinus.

Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konvensi Nasional XI Badan Kejuruan Mesin Persatuan Insinyur Indonesia (BKM PII) yang digelar 16 dan 23 Januari 2021. 

Dirjen ILMATE, Taufiek Bawazier mengatakan, bahwa pandemi covid-19 menyadarkan semua negara tentang pentingnya kemandirian alat kesehatan dalam suatu negara. Saat ini, semua negara berlomba memenuhi kebutuhan dalam negeri sebelum melakukan ekspor alat kesehatan ke negara lain.

Kondisi ini menjadi momentum bagi Indonesia untuk membangkitkan dan memperkuat industri alat kesehatan nasional, sekaligus lepas dari ketergantungan impor alat kesehatan agar bisa berdaulat dan mandiri dalam ketahanan alat kesehatan. “Saat ini industri alat kesehatan menjadi salah satu prioritas baru selain industri kimia, tekstil, elektronika, alat transportasi, makanan dan minuman, alat transportasi, serta farmasi,” kata Taufiek.

Sumber : medcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *