Siswa Seberangi Sungai ke Sekolah, Jembatan Panca Aceh Besar Akan Dibangun 2022

Aceh

Sudah 17 tahun para siswa dari Gampong Panca Kubu, Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, harus mengarungi sungai untuk pulang-pergi sekolah.

Sebelumnya, ada satu jembatan gantung membentang sungai yang menjadi akses warga Panca Kubu ke luar kampung. Namun, pada tahun 2004 jembatan yang menjadi urat nadi desa terpencil itu ambruk diterjang banjir. 

Kemudian pada 2008, Pemerintah Aceh sempat membangun jembatan rangka baja untuk menggantikan jembatan gantung yang ambruk. Namun, jembatan yang diharap-harapkan itu hanya selesai setengahnya saja.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kegiatan (P2K) Aceh, Teuku Ahmad Dadek, menyebutkan pemerintah bakal segera melanjutkan pembangunan jembatan di Gampong Panca Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar.

“Tahun 2022, pembangunan jembatan ini akan dianggarkan melalui DOKA (Dana Otonomi Khusus Aceh) Aceh Besar,” kata T Ahmad Dadek dalam keterangannya, Senin (25/1).

Dadek menyebutkan, abutment kiri-kanan dari jembatan tersebut telah dibangun pada tahun 2008-2010 lalu. Selanjutnya satu bentang rangka juga telah dibuat pada 2018 lalu.

Namun demikian, lanjut Dadek, kondisi sungai yang terus melebar akibat bekas galian c membuat perencanaan tahun 2008 itu di-review kembali. “Di tahun 2018 kemudian dilanjutkan satu bentang rangka baja sepanjang 60 meter dengan anggaran Rp 2,1 miliar,” sebutnya.

Ia menjelaskan, untuk fungsional jembatan ada beberapa pembangunan yang harus dilakukan selain rangka baja, yaitu lantai jembatan dan perlindungan terhadap abutment dan oprit jembatan.

Lebih lanjut, Dadek menambahkan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tidak menganggarkan biaya pembangunan di tahun 2021 ini, karena menjadi kewenangan Kabupaten Aceh Besar. 

“Karenanya pada tahun 2022, pembangunan jembatan tersebut akan dianggarkan melalui DOKA Aceh Besar,” ujarnya.

Sumber : kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *