Lolos SNMPTN, Siswa Tak Bisa Ikut SBMPTN dan Ujian Mandiri

Jawa Tengah Kampus

YOGYAKARTA: Pendaftaran calon mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi dibuka pada 4 Januari 2021. Pada SNMPTN tahun ini, setiap peserta dapat memilih hingga dua program studi (prodi), asalkan salah satunya berada pada perguruan tinggi sesuai daerah asal sekolah.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi P. Widyobroto, mengungkapkan setiap peserta harus menimbang cermat prodi yang akan dipilih. Sebab, siswa yang telah dinyatakan lolos SNMPTN, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sedangkan, UTBK adalah tes yang menjadi persyaratan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Nilai UTBK juga digunakan untuk ujian mandiri di sejumlah perguruan tinggi.

“Kalau sudah diterima di SNMPTN tidak dapat mendaftar UTBK-SBMPTN, berarti tidak memiliki nilai UTBK. Padahal, beberapa perguruan tinggi mensyaratkan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria,” terang Budi dalam UGM Update edisi Bincang SNMPTN dan SBMPTN Selasa, 26 Januari 2021.

Ia menambahkan, pada tahun ini, sejumlah perguruan tinggi kelembagaan juga akan menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria seleksi mahasiswa baru. Jadi, kata dia, siswa harus hati-hati dalam memilih prodi.

“Kalau menyenangi satu program studi, cukup memilih satu saja untuk SNMPTN, kecuali kalau pilihan satu dan dua sama senangnya,” ujarnya.

Tahapan SNMPTN sedang berlangsung. Registrasi akun LTMPT yang digunakan untuk melakukan pendaftaran SNMPTN dapat dilakukakan sejak 4 Januari hingga 1 Februari.

Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah berlangsung pada 4 Januari hingga 8 Februari, dan pengisian PDSS dapat dilakukan pada 11 Januari hingga 8 Februari. Pendaftaran SNMPTN dilakukan pada 15 sampai 24 Februari 2021.

“Setelah itu tinggal menunggu hasil seleksi diumumkan pada tanggal 22 Maret,” papar Budi.

Sumber : medcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *