Sering Bikin Heboh, Ini ‘Biang Kerok’ Masalah PPDB Menurut PSPK

Program Pendidikan

JAKARTA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selalu memicu kehebohan masyarakat. Ternyata ada masalahnya terjadi karena kurangnya daya tampung sekolah negeri.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) Nisa Felica dalam Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan 2021, Selasa (26/1/2021).

“Jadi ini isu mendalamnya itu daya tampung. Mau diputar-putar (cari olusinya) kayak apa, ini nggak bisa,” ungkapnya.

Nisa melanjutkan, berdasarkan data daya tampung sekolah menengah atas (SMA) negeri di Jakarta kurang dari 30%. Padahal, jumlah siswa mendaftar jauh lebih besar.

“Kalau kami di PSPK ngerjain PPDB, ini masalah kekurangan daya tampung. Merasa bangga angka partisipasi tinggi tapi yang bersubsidi dan terjangkau ini cuma sedikit, Jakarta saja tak sampai 30% anak SMP bisa masuk ke SMA negeri,” sambungnya.

Akhirnya, para siswa yang tidak diterima di sekolah negeri harus sekolah di swasta. Namun, bagi para siswa yang hidup berkekurangan ini akan menjadi masalah lagi karena sedikitnya kualitas pendidikan yang akan didapat.

Untuk itu, ia menyarankan pemerintah seharusnya bisa menambah sekolah negeri di lokasi yang membutuhkan. Dengan begitu seluruh siswa bisa mendapatkan fasilitas sekolah dengan baik.

“Jadi memang masalah bukan peraturan apa, tetapi pemerintah harus nambah sekolah,” tutup dia.

Sumber : detik.com  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *