LPTK Dinilai Mulai Tak Fokus Mencetak Guru Berkualitas

GURU

JAKARTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan perguruan tinggi Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LTPK) punya mandat utama sebagai tempat pencetak guru-guru berkualitas. Namun, belakangan banyak LTPK mulai tak fokus menjalankan tanggungjawab utama tersebut.

“Kami ingatkan perguruan tinggi yang punya mandat untuk pengembangan LPTK, agar jadi fokus, jangan sampai beralih ke sana ke sini,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam dalam konferensi pers secara daring, Kamis, 28 Januari 2021.

Dahulu, kata Nizam, LPTK dikenal dengan istilah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Kemudian, IKIP mendapat perluasan mandat untuk menjadi universitas dengan harapan pengembangan keilmuannya menjadi lebih kokoh.

“Berjalannya waktu, beberapa yang diberikan perluasan mandat itu fokusnya bergeser dari perluasan ilmu untuk pendidikan tadi,” ujarnya.

Selain itu, Nizam juga mendorong LPTK bisa bermitra dengan perguruan tinggi berkelas dunia. Misalnya, dengan perguruan tinggi di Singapura.

“Supaya guru kita kualitasnya tidak kalah dengan negara yang pendidikan keguruannya baik,” ungkapnya.

Niyam meyakini, jika banyak lahir pendidik berkualitas, maka sistem pembelajaran di Tanah Air juga semakin baik. Makanya, LTPK sebagai pemegang mandat utama mencetak tenaga pendidik, harus bisa fokus dan konsisten.

“Saya tekankan, jangan sampai nanti ke mana-mana, fokusnya hilang,” tegas Nizam.

Sumber : medcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *