Sekolah Cendekia BAZNAS Gelar Tes Akademik PPDB Serentak di 25 Provinsi

OPINI

Oleh : Wendy Joannita

Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) menggelar pelaksanaan tes akademik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 jenjang SMP. Tes diikuti oleh 258 peserta berdasarkan Surat Keputusan Kepala SMP Cendekia BAZNAS nomor 002/SKEP/SCB/I/2021 tentang Penetapan Hasil Seleksi Berkas. Seleksi ini merupakan tahap kedua dari lima rangkaian seleksi ppdb.

Tahun ini, tes diadakan dengan 3 sistem pelaksanaan yakni offline (ditempat), semi-online dan online. Serentak di 25 provinsi Indonesia, tes dilaksanakan pada Sabtu, 30 Januari 2021 pukul 09.00-11.00 WIB. SCB bersama 14 BAZNAS daerah bekerjasama untuk memfasilitasi proses seleksi sesuai standar protokol kesehatan.  Pemilihan sistem tes mempertimbangkan kondisi jaringan atau akses internet dimasing-masing daerah.

Sistem tes online diantaranya diadakan oleh provinsi DIY, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Gorontalo, NTB, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau (Batam), Sumatera Utara sementara tes offline (ditempat) diadakan oleh provinsi Bali, Bengkulu, Papua Barat, Banten, Jambi, Papua, Sulawesi Utara, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur (Kab.Manggarai) dan tes semi online diadakan oleh provinsi Kalimantan Timur.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Siswadi Dinianto meyampaikan, pendaftar ppdb mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pendaftar ppdb tahun pelajaran 2021-2022 diikuti oleh 330 peserta dan sebanyak 258 peserta dinyatakan lolos ke tahap akademik.

Ketua pelaksana PPDB 2020/2021 Sihab menambahkan, SCB telah mengadakan simulasi tes online serta mensosialisasikan protokol kesehatan ketika melaksanakan secara offline. Dengan sistem online, panitia melakukan pengawasan jarak jauh melalui zoom. Peserta diminta untuk menggunakan dua perangkat, satu untuk mengisi soal dan satunya bergabung ke zoom. Adapun bagi daerah yang mengadakan tes offline mengirimkan dokumen hasil tes menggunakan ekspedisi jasa pengiriman.

Tes akademik berisi soal pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 untuk Bahasa Indonesia, 15 soal untuk Matematika dan 15 soal untuk IPA. Tes berlangsung selama dua jam dan akan diumumkan hasilnya pada awal februari 2021. Peserta yang lolos akan mengikuti seleksi wawancara dan survey faktual pada 1-28 Februari 2021.

Tentang Sekolah Cendekia BAZNAS

Sekolah Cendekia BAZNAS merupakan sekolah unggulan bebas biaya dan berasrama untuk dhuafa dibawah naungan Badan Amil Zakat Indonesia (BAZNAS). SCB memberikan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA serta pendidikan non formal melalui Sekolah Tahfidz BAZNAS. Kami berlokasi di Cirangkong, desa Cemplang Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Hubungi SCB melalui 021 (0251) 8591072 atau, 085782771555 (contact center) dan kunjungi webiste www.cendekiabaznas.sch.id.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *