Fakta-fakta Menarik Kuliah di Departemen Kimia IPB

Kampus

JAKARTA:  Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu.  Sejumlah calon mahasiswa pun sudah mulai mempertimbangkan PTN dan program studi (prodi) mana saja yang akan dipilih nantinya.

Untuk itulah, Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB University) menggelar kegiatan Ikatan Mahasiswa Kimia (Imasika) Goes to School. Kegiatan tersebut merupakan wadah untuk memperkenalkan dan mempromosikan Departemen Kimia terutama prodi Kimia kepada siswa-siswi SMA/MA/SMK di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 peserta siswa-siswi SMA tersebut memaparkan informasi terbaru terkait Departemen Kimia secara umum hingga prospek di masa depan dari sudut pandang alumni.

Ketua Departemen Kimia IPB, Dyah Iswantini Pradono menyebutkan, bahwa siswa-siswi SMA akan bangga nantinya bila memilih Departemen Kimia IPB untuk pilihan studinya.  Selain terdapat fakta bahwa IPB University menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2020, Prodi Kimia juga telah terakreditasi internasional oleh Royal Society of Chemistry (RSC) dari Inggris.

“Hanya lima perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan akreditasi prestisius tersebut. Departemen Kimia IPB juga telah mendapatkan akreditasi tertinggi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yakni akreditasi unggul. Untuk itu, saya berharap adik-adik semua tertarik menjadi mahasiswa kimia IPB University,” ujar Dyah, Rabu, 2 Februari 2021.

Dosen Departemen Kimia IPB, Henny Purwaningsih juga turut membagikan wawasan umum mengenai prodi Kimia. Ia menyebutkan, bahwa selain memiliki akreditasi yang unggul, Departemen Kimia juga memiliki beberapa program lulus tepat waktu, sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir dengan masa kelulusan yang lama.

Tentunya, dengan kesempatan berkuliah di kampus terbaik, lulusan S1 kimia IPB tak perlu menunggu lama untuk bekerja. Tepatnya, masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan cukup singkat.

Sekitar 73 persen lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan. Bahkan, banyak dari mahasiswa yang telah mendapatkan tawaran pekerjaan jauh sebelum masa kelulusan.  Prodi Kimia IPB juga memiliki keunggulan dibandingkan prodi sejenis di universitas lain terutama pada mandat keilmuan.

Dibandingkan dengan universitas lainnya, di bawah IPB, mandat keilmuan Departemen Kimia menjadi amat beragam, ada Kelautan, Pertanian, dan Biosains Kimia.  “Hal tersebut tidak bisa didapatkan di perguruan tinggi lain. Jadi dengan mandat keilmuan tersebut, suasananya ketika masuk menjadi berbeda,” ujarnya.

Jalur masuk Prodi Kimia pun beragam, selain itu komposisi dan daya tampungnya cukup besar. Siswa-siswi SMA calon mahasiswa hanya perlu menyusun strategi yang baik karena keketatan prodi cukup tinggi dikarenakan peminat yang cukup banyak.

Departemen Kimia juga menyediakan sarana dan prasarana untuk mahasiswanya agar berkembang. Ada Program Peningkatan Kompetensi Mahasiswa, di mana mahasiswa diberikan berbagai pelatihan untuk mampu bersaing di dunia kerja.

Program tersebut meliputi pelatihan bahasa Inggris, pelatihan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points), kunjungan industri, dan sebagainya.

Pembelajaran berdasarkan kompetensi tersebutlah yang menjadikan alumni-alumni kimia IPB University sukses di kariernya masing-masing. Faizal Maulana, Alumnus IPB yang pernah menjadi Mahasiswa Berprestasi tahun 2020 juga menjelaskan, bahwa Departemen Kimia IPB memiliki kualifikasi dosen yang berkualitas.

Selain itu koneksi dengan industri dan alumni lain juga tak kalah hebatnya. Alasan tersebut menjadi beberapa faktor mengapa ia memilih kuliah di IPB.

Peneliti bidang Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dede Yulianto juga menyebutkan, bahwa prospek lulusan sarjana kimia sangat menjanjikan. Banyak aspek-aspek pekerjaan baik di industri, terutama riset, yang membutuhkan tenaga ahli di bidang kimia.

Sumber : medcom.id  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *