Manfaat Mempelajari Bahasa Asing

OPINI

Oleh : Tinna Utami

Di dalam kehidupan tidak ada ruginya apabila Anda mempelajari sesuatu yang baru terutama dalam hal bahasa. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa dapat diumpamakan sebagai jembatan dunia, apabila dapat berkomunikasi dengan baik Anda bisa memperluas ilmu pengetahuan dari segala arah seperti bertemu orang-orang baru atau tinggal dilingkungan baru. Tanpa disadari Anda telah menguasai dunia.

berikut adalah beberapa manfaat menguasai bahasa asing.

1. Mempeluas pengetahuan secara global

Dengan menguasai Bahasa asing Anda dapat dengan mudah menguasai informasi. Seperti informasi dari artikel luar, buku bacaan, jurnal-jurnal ilmiah terbit dengan bahasa asing. Sehingga jika kamu menguasai Bahasa asing akan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

2. Memperluas Pergaulan

Apabila Anda dapat menguasai Bahasa asing tentunya Anda dapat diterima dengan baik oleh masyarakat luar, karena Anda dapat dengan mudah mempelajari budaya dan kebiasaan mereka.

3. Berkesempatan untuk menempuh pendidikan dan bekerja di luar negeri

Ketika Anda menguasai Bahasa asing Anda akan berkemsempatan untuk menempuh pendidikan atau bekerja di luar negeri sesuai dengan Bahasa asing yang Anda kuasai. Anda juga dapat mengajukan beasiswa full untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Sedangkan untuk bekerja gaji diluar negeri tentu lebih besar karna menyeseuaikan taraf biaya hidup di Negara tersebut.

4. Menguji konsep berfikir

Ketika mempelajari sesuatu yang baru, Anda akan berfikir dengan sudut pandang baru yang memicu kreativitas pada pola berfikir. Ini juga berlaku ketika Anda sedang mempelajari Bahasa, karena setiap bahasa memiliki karakter tersendiri yang berbeda-beda.

Terdapat banyak bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi, kira-kira terdapat 7000 bahasa di dunia. Anda tidak perlu menguasai semua Bahasa tersebut karna pada dasarnya manusia tidak akan mungkin menguasai Bahasa sebanyak itu, setidaknya kita perlu menguasai Bahasa yang digunakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia dan telah dipatenkan sebagai Bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris.

Ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai pentingnya mempelajari Bahasa asing:

Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah seorang revolusioner anthiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang pernah menjabat menjadi presiden di Afrika Selatan pada tahun 1994 hingga 1999. Ia pernah mengatakan mengenai pentingnya bahasa Inggris;

“If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his own language, that goes to his heart.”

Arti: “Jika Anda berbicara dengan seorang lelaki dalam suatu bahasa yang Ia pahami, maka hal itu mengarah pada kepalanya. Jika Anda berbicara kepada Ia dalam bahasanya sendiri, maka hal itu akan masuk ke dalam hatinya.”

Maksudnya adalah ketika seseorang mengetahui bahasa yang dimengerti orang lain, maka lebih baik menggunakan Bahasa tersebut agar komunikasi yang dilakukan menjadi lebih lancar dan hubungan pun akan jauh lebih baik.

Brian Gold

Brian Gold menemukan bahwa belajar bahasa dapat meningkatkan fleksibilitas otak. Seseorang yang belajar bahasa asing secara berturut-turut akan lebih mudah mengerjakan alih tugas berbeda hanya dalam hitungan detik. Mereka beradaptasi dan mampu menangani situasi yang tidak terduga.

Charlemagne

Charlemagne adalah seorang raja kaum Frank atau bisa disebut sebagai kaisar Romawi. Ia mengatakan bahwasanya, mempelajari bahasa asing sama halnya dengan memilik jiwa kedua.

Maksudnya adalah ketika seseorang mempelajari bahasa asing maka secara tidak langsung orang tersebut juga mempelajari budaya dari Bahasa tersebut.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *