Rejang Lebong Minta 147 Ribu Masker untuk Siswa dan Guru

Bengkulu GURU

Rejang Lebong: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, mengajukan permintaan pengadaan masker untuk ratusan ribu anak sekolah di daerah itu. Pengajuan guna mencegah penularan covid-19.

Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju mengatakan, masker yang dibagikan kepada anak-anak sekolah sebulan lalu sudah berkurang. Banyak pula yang sudah rusak setelah dipakai satu bulan lamanya.

“Kami sudah mengajukan permintaan pengadaan masker kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Kesehatan,” kata  Khirdes di Rejang Lebong, Jumat, 5 Februari 2021.

Dia mengatakan, pengajuan pengadaan masker dan face shield ini nantinya untuk pelajar PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA sederajat. Selain itu, untuk para dewan guru, dan jumlah yang diajukan masih sama dengan sebelumnya yakni sebanyak 147 ribu lembar.

Pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk pelajar dan dewan guru tersebut, kata dia, bertujuan meminimalisasi penyebaran virus korona di sekolah. Selain itu, guna meringankan beban orang tua murid dalam pengadaannya.

Bantuan masker pelajar dan dewan guru di daerah itu nantinya akan diberikan dalam tiga ukuran, yakni ukuran anak-anak PAUD, remaja dan ukuran besar yang diperuntukan bagi pelajar tingkat SMA sederajat maupun dewan guru.

“Kita usulkan dua jenis yakni masker dan face shield, karena keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kalau masker tidak bisa kita gunakan sepanjang waktu dan sekali-kali akan dibuka, kalau face shield bisa digunakan saat belajar dan hanya ribet membawanya pulang pergi ke sekolah,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan di lapangan pelaksanaan sekolah tatap muka yang dilaksanakan sejak 4 Januari 2021 masih terus berjalan. Ia menyebut mulai tumbuh kesadaran warga sekolah untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir dan menjaga jarak.

Sumber : medcom.id  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *