Dosen UMY Latih Guru SD Kembangkan Podcast Edukasi

Jawa Tengah Kampus

BANTUL — Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar lokakarya produksi podcast untuk media ajar. Pelatihan diberikan langsung kepada SD Muhammadiyah Al Mujahidin, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Dalam proses lokakarya, peserta langsung diajak melakukan praktek pembuatan podcast materi pembelajaran. Jadi, guru-guru membuat akun podcast yang dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah, bahkan berencana menjadikannya ekstrakurikuler.

Ketua Tim Pengabdian UMY, Fajar Junaedi mengatakan, peserta turut mendapatkan modul yang bisa digunakan untuk mengajari guru lain.  Ia menekankan, keberadaan podcast bisa menambah aset digital sekolah yang bermanfaat baik saat pandemi maupun normal.

“Tujuannya, setelah mengikuti lokakarya ini peserta-peserta bisa menularkan ilmunya ke guru-guru yang lain, baik dari lingkungan internal sekolah mereka maupun eksternal dari sekolah yang lain yang ada di Gunungkidul,” Jumat (5/2).

Kepala SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari, Joko Kiswanto menuturkan, lokakarya ini sangat bermanfaat bagi guru-guru. Terutama, pada masa pandemi karena sekolah harus segera beradaptasi memanfaatkan media digital, salah satunya lewat podcast.

Joko mengungkapkan, SD Muhammadiyah Al Mujahidin sendiri sudah membangun studio produksi program pembelajaran. Dikembangkan untuk produksi video pembelajaran dan jadi komitmen mengembangkan pembelajaran multimedia yang menarik dan edukatif.

“Karakter podcast yang auditif, menarik minat generasi muda, dan mudah diproduksi menjadi keunggulan podcast,” ujar Joko.

Sebagai bentuk dukungan kepada SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari, UMY memberi bantuan dua perangkat produksi podcast. ABantuan itu diharapkan bisa dimanfaatkan untuk produksi podcast materi pembelajaran podcast sekolah atau podcast guru-guru.

Sumber : republika.co.id  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *