UNUSA Kampus Favorit Masyarakat Jawa Timur, Terkemuka, dan Berdaya Saing

OPINI

Oleh : Nur Muzaiyanah (Mahasiswa UNUSA)

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Hallo… Perkenalkan, saya Ziya mahasiswi dari Universitas Nadhatul Ulama Surabaya ( UNUSA ). Yuk, dibaca ulasan saya mengenai kampus UNUSA. Kampus favorit masyarakat Jawa Timur.

Mendengar kata ‘ kampus favorit ‘ yang terbayang di pikiran saya adalah kampus dengan fasilitas yang enak untuk belajar, dosen-dosen yang punya kredibilitas dan  kualifikasi untuk masuknya yang ketat. Sehingga, dari kata ‘kampus favorit’ presepsi masyarakat  akan tercipta, bahwa kampus favorit merupakan kampus yang bagus dengan masyarakat kampusnya yang berintelektual tinggi. Sehingga tak jarang orang memilih ingin belajar di kampus favorit.

Belajar di kampus Favorit sudah menjadi keinginan umum dari semua orang untuk mengenyam  pendidikannya yang lebih baik. Terlebih untuk masyarakat sekitar Jawa Timur. Dari berbagai pelosok daerah di Jawa akan memilah kampus yang menurut mereka terbaik. Salah satunya adalah pilihan saya dan ribuan mahasiswa yang akhirnya  memilih  Universitas Nadhatul Ulama Surabaya ( UNUSA ) untuk belajar.

UNUSA merupakan universitas yang memiliki komitmen tinggi dalam mendidik mahasiswanya dalam menghadapi tantangan global, alumni UNUSA akan menjadi yang terdepan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, kewirausahaan, dan pemimpin berdasarkan prinsip-prinsip Islam. UNUSA ingin mencetak generasi rahmatan lil’alamin. Generasi yang berfikir dan bertindak dengan wawasan global bagi kemaslahatan umat manusia di seluruh alam. Generasi yang cerdas, berdaya saing dan berkarakter ( berakhlaq mulia ). Menjadi manusia yang beriman, berilmu dan beramal menjadi prinsip dasar bagi Unusa dalam menjalankan misinya.

Di UNUSA disediakan bantuan biaya kuliah ( beasiswa ) tanpa ikatan bagi mahasiswa atau mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang sangat memerlukan. Kurikulum program kuliah karyawan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya serta proses belajar-mengajarnya didesain memakai Sistem Kredit Semester ( SKS ) yang dilaksanakan secara profesional dan sangat layak bagi karyawan, sehingga mahasiswa/i yg sibuk kerja tetap bisa menyelesaikan pendidikan tepat waktu sesuai masa studinya. Keseluruhan program studi di Kuliah karyawan di UNUSA, tidak terdapat ujian negara ( sama seperti Perguruan Tinggi Negeri / PTN) .

Di UNUSA ada program untuk mempertebal keimanan iman Islam, yaitu pengajian tausiyah daring. UNUSA mempunyai aplikasi belajar mengajar buatan sendiri yaitu e-sorogan, memiliki dua lokasi kampus,  dan memiliki fasilitas dua rumah sakit. Salah satu upaya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ( UNUSA ) menghadapi era teknologi digital dan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia (Kemdikbud).

Salah satu upaya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ( UNUSA ) menghadapi era teknologi digital dan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ( MBKM ) dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia ( Kemdikbud ). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melahirkan Fakultas Ekonomi Bisnis Teknologi Digital ( FEB-TD ). Fakultas baru ini merupakan gabungan antara Fakultas Ekonomi Bisnis ( FEB ) dan Fakultas Teknik ( FT ). Penggabungan dua fakultas ini, menjadi salah satu ikhtiar Unusa untuk merumuskan dan mengantisipasi perkembangan ekonomi di masa depan.

Pandemi Covid-19 tiada ujung mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi. Terutama menjawab kegelisahan praktikum yang harus dilalukan jarak jauh. Melengkapi model pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) atau daring, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ( UNUSA ) membuat terobosan baru. Yakni dengan menghadirkan dua laboratorium yang dapat digunakan untuk semua fakultas dan prodi. Dua laboratorium itu yaknk Lab. Virtual Reality dan Lab. Microteaching.

Nah, gimana? Tambah semangat kan menimba ilmu di UNUSA. Kawasan edukatif yang selalu mengikuti perkembangan arah industri Indonesia 4.0.  Jadi, itulah kenapa UNUSA menjadi kampus terkemuka dan bersaya saing, sehingga UNUSA bisa Go Internasional. Baik, sekian dan terima kasih telah membaca ulasan saya.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabrokatuh.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *