Siaga Pendidikan Pandemi Covid-19 hingga 2022

OPINI

Oleh : Fanky Cristian

Kata siapa pandemi Covid 19 akan selesai tahun 2021 ini ? Kita saja, masyarakat biasa belum menerima vaksin sampai sekarang, dan diperkirakan paling cepat April atau Mei 2021.

Kita mensyukuri gerakan cepat pemerintah kita mendapatkan vaksin Covid19 untuk masyarakat kita. Dan sekarang masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan terlebih dahulu.

Lalu sampai kapan ?

Beberapa kawan yang bekerja di perusahaan multinasional memperkirakan semua ini hingga 2022. Oleh karena itu mereka telah merubah pola kerja mereka menjadi Work From Home (WFH) dan full WFH di tahun 2021 ini. Kalau kita harus berdampingan dengan pandemi Covid19 ini, maka apa yang harus kita lakukan ?

Anak-anak belajar online-offline

Mungkin tidak semua sekolah akan terus menerus memberlakukan ini, ada saatnya sekolah akan membuka diri secara bertahap untuk bisa menerima anak-anak belajar offline dan online. Pola Belajar 2O (online-offline) akan menjadi pola yang biasa kita lakukan sepanjang 2021 ini.

Kampus merdeka

Demikian juga halnya dengan perkuliahan. Yang jelas , yang harus dilakukan adalah mengubah KURIKULUM agar bisa menyesuaikan dengan pola 2O ini, sehingga lulusan tetap bisa berkualitas meskipun pembelajaran dilakukan dengan online secara umum.

Tapi ada hal menarik yang bisa kita lihat perkembangannya. Semula orang Indonesia sulit sekali untuk belajar OTODIDAK, sekarang mau tidak mau harus bisa belajar sendiri, membaca sendiri, melihat video sendiri, dan buka buku sendiri. Dari sini kita akan melihat KUALITAS orang-orang yang otodidak akan lebih tinggi dibandingkan yang malas. Mungkin jumlahnya sedikit, karena selama ini tertutupi karena bisa saling bantu kalau belajar onsite. Tapi dengan online, kita akan melihat ada yang punya kualitas lebih dibandingkan yang lain. Inilah perusahaan harus jeli melihat potensi ini.

Magang online

Ini mungkin tidak umum sebelumnya, tapi sekarang menjadi sesuatu yang harus diterima. Oleh karena itu, banyak perusahaan harus jeli mempersiapkan diri untuk menerima magang. Sekarang lebih sulit lagi, magang online. Tapi kami telah mencoba dan tetap kita berlakukan magang online, terutama untuk bidang tertentu.

Yang sangat penting adalah memastikan semakin banyak orang bisa ikut dalam program magang online seperti ini . Untuk bidang SALES, AKUNTING, IT PROGRAMMER, IT ANALIS , GRAPHIC DESIGNER dan mungkin beberapa bidang lain sangat mungkin melakukan magang secara online.

Inilah sebabnya, kami di EVENTCERDAS.COM menyediakan fitur gratis seperti ini untuk dimuat dan diposting di eventcerdas, sehingga semakin banyak member kami yang mahasiswa dan siswa bisa terlibat, serta perusahaan yang mau melakukan magang online bisa melakukannya.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *