Kompetisi SMC 5.0 Ajak Anak Berpikir Tingkat Tinggi

Program Pendidikan

JAKARTA — Lembaga bimbingan belajar Shinkenjuku kembali menggelar Shinkenjuku Mathematics Championship 5.0 (SMC 5.0) yang diselenggarakan secara daring. “Pelaksanaan kompetisi matematika ini bertujuan untuk melatih anak terbiasa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi,” ujar Manajer Layanan Pelanggan Shinkenjuku, Kusumaninghayu Sihpudyastuty dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (8/2).

Pelaksanaan kompetisi matematika pada 2021 ini berbeda. Karena diikuti tidak hanya oleh siswa yang merupakan anggota Shinkenjuku, tetapi juga seluruh siswa tingkat SD. Kusuma menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan wadah sarana kompetisi yang bertujuan untuk mengasah dan mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi anak-anak Indonesia.

“Oleh karena itu, Shinkenjuku memfasilitasi para peserta lomba dengan persiapan materi berupa seri buku kemampuan berpikir, yaitu Kangaeru yang dirancang khusus dan terdiri dari soal-soal high order thinking skill (HOTS) agar anak terbiasa berpikir dalam, kritis dan inovatif,” terang Kusuma.

Animo peserta kompetisi, lanjut dia, cukup tinggi yang terlihat mulai dari rangkaian kegiatan tryout. Berlanjut ke babak kualifikasi hingga final yang sudah dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2021 hingga 30 Januari 2021. Kusuma mengatakan, keseruan semakin terlihat saat final SMC 5.0 Online.

Saat itu, semua anak yang berhasil melampaui babak kualifikasi terlihat sangat bersemangat untuk memenangkan kejuaraan. “Tentunya sangat menyenangkan dapat melihat dan merasakan semangat belajar anak-anak yang turut serta dalam pelaksanaan lomba. Disajikan bentuk soal dengan kesulitan tinggi, namun anak-anak dapat melaluinya,” terang Kusuma.

Presiden Direktur PT Benesse Indonesia Keiko Toyoizumi mengatakan, saat SMC 4.0 terakhir kali digelar pada Juli 2020, banyak anak-anak dari seluruh anggota Shinkenjuku di Indonesia yang berpartisipasi.

“Namun, kali ini kami sangat senang dapat memiliki lebih banyak anak yang berpartisipasi daripada yang kami mampu melebihi skala itu. Harapannya melalui lomba ini, anak-anak menjadi lebih akrab dengan matematika dan menjadi lebih bersedia untuk memecahkan dan memikirkan masalah, ” kata Keiko.

Tujuan dari SMC 5.0 adalah untuk memberikan kekuatan kepada masyarakat untuk hidup dengan penuh semangat, bahkan pada era pandemi. “Saya sangat berharap bahwa anak-anak akan tumbuh dengan tema besar yaitu bersikap positif tentang masalah apa pun dan memiliki perasaan bahwa itu akan tercapai,” kata Keiko.

Sumber : republika.co.id  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *