UII Tetap Sediakan Berbagai Jalur Beasiswa

Jawa Tengah Kampus

SLEMAN — Universitas Islam Indonesia (UII) setiap tahunnya memberikan kesempatan mahasiswa mendapat beasiswa. Jenisnya beragam tergantung program mulai potongan SPP sampai kuliah gratis selama berkuliah dengan uang saku ratusan ribu per bulannya.

Kadiv Pembinaan Kepribadian & Kesejahteraan Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII, Hazhira Qudsyi mengatakan, beasiswa bisa didapat hanya dengan prestasi. Mulai dari IPK tertinggi, hafal Alquran, atlet seni, unggulan, pesantren UII dan lain-lain.

Terbaru ada Beasiswa Akademik Tertinggi untuk mahasiswa IPK tertinggi setiap prodi atau jurusan dan kini ada 28 mahasiswa 8 fakultas penerima. Seperti tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa mendapat pula apresiasi berupa SPP tetap selama dua semester.

Penilaian beasiswa dilakukan secara ketat dari beberapa aspek yang ditentukan yakni IPK, SKS yang ditempuh, status penerimaan beasiswa dan kondisi ekonomi keluarga. Maka itu, Hazhira berharap, mahasiswa senantiasa menjaga performa akademik.

“Anda punya peluang untuk mengulangi kesempatan yang sama karena pendidikan merupakan key performance index yang penting,” kata Hazhira, Senin (8/2).

Pengadaan beasiswa tidak hanya mengandalkan sumber dana internal. UII turut mencari jejaring kerja sama eksternal lainnya seperti Kemendikbud, Bank BPD DIY Syariah, Cendekia Baznas, Yayasan Toyota dan Astra, Bank BNI Syariah, dan lain-lain.

Untuk itu, ia menekankan, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan calon pendaftar UII. Sehingga, Hazhira mengimbau calon pendaftar jangan takut terlebih dulu karena ketika mereka memiliki prestasi yang baik, apapun itu, akan ada jalan.

“Sejak 2020 ada pula apresiasi untuk atlet seni. Kami ingin mengapresiasi atlet bisa masuk UII dengan beasiswa, kalau ada keterbatasan ekonomi bisa masuk lewat dhuafa, tantangan jelas ada 50:50, peluang itu ada asal mau ikhtiar,” ujar Hazhira.

Ia menambahkan, informasi beasiswa bisa dilihat di situs web kemahasiswaan atau Instagram Kemahasiswaan UII. Terdapat informasi beasiswa yang sedang dibuka dan syarat-syarat dengan kesempatan yang sama bagi semua mahasiswa dan mahasiswi.

Sumber : republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *