Covid-19 Meningkat? Jangan Panik! Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi tentang Isolasi Mandiri di Rumah

OPINI

Oleh : Agus Sukarmaji (Universitas Diponegoro, Semarang)

Kabupaten Tangerang (24/01/2021) — Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim 1 periode 2021 telah berlangsung sejak 4  Januari hingga 16 Februari. Kegiatan KKN yang dilaksanakan di kampung halaman masing-masing mahasiswa ini mengangkat 2 pokok tema untuk diangkat sebagai program kerja. Salah satunya mengenai Pencegahan Covid-19.

Kasus Covid-19 di Indonesia yang masih ada dan bahkan mulai kembali meningkat sampai saat ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan maupun aktivitas masyarakat setiap harinya. Salah satu penyebab meningkatnya kembali penularan Covid-19 ini adalah banyaknya masyarakat yang sudah lupa untuk menerapkan protokol kesehatan seperti mengurangi kegiatan diluar rumah dan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Pasalnya virus ini dapat menyebar dengan cepat hanya melalui media sentuhan atau bahkan partikel udara.

Kurangnya fasilitas isolasi di beberapa daerah juga membuat pasien yang telah terkonfirmasi terinfeksi merasa bingung, khawatir dan bahkan takut untuk isolasi mandiri di rumah. Padahal hal ini bukannya tidak mungkin jika kita melakukan isolasi dengan protokol yang benar.

Maka dari itu perlu diberikan edukasi kepada masyarakat mengenai syarat-syarat isolasi mandiri dirumah serta tata ruang isolasi yang baik dan pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M agar kasus Covid-19 di Indonesia dapat mereda seiring berjalannya waktu.

Program edukasi dan sosialisasi ini dilakukan oleh Agus Sukarmaji selaku mahasiswa KKN Tim 1 Undip dan dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Januari 2021 s/d Minggu, 24 Januari 2021 mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan. Pada program kali ini, mahasiswa KKN Undip membuat sebuah video pembuatan handsinitizer yang baik dan Poster Edukasi dalam bentuk virtual yang dapat diakses secara online serta luaran berupa pembagian pamflet dan perlengkapan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu, peraturan sekitar lokasi KKN yang tidak memperbolehkan diadakannya pengumpulan massa serta program Pembatasan di wilayah Jabodetabek oleh pemerintah sehingga program edukasi dilakukan secara daring atau online. Edukasi dan sosialisasi dilakukan dengan membagikan link pada grup whatsapp serta pembagian pamflet, masker, dan vitamin kepada warga di RW. 06 Desa Pasir Jaya. Luaran tersebut diserahkan kepada ketua RT setempat secara door to door yang nantinya akan dibagikan kepada warga pada RT tersebut. selain itu mahasiswa KKN juga memberikan persediaan masker, vitamin dan handsinitizer kepada masjid dan musholla di RW.06 Desa Pasir Jaya. Luaran tersebut diserahkan secara simbolis kepada ketua IRMUSA (Ikatan Remaja Musholla) setempat untuk persediaan saat dilaksanakannya shalat berjama’ah.

Program yang dilaksanakan di wilayah Desa Pasir Jaya ini menarik antusias warga setempat. “Program ini dapat menambah pengetahuan, kepekaan dan kewaspadaan masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta isolasi mandiri di Desa Pasir Jaya. Saya harap dengan adanya kegiatan KKN di berbagai daerah ini bisa menyadarkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan mengurangi kasus penularan Covid-19 di Desa Pasir Jaya ini bahkan di Indonesia” ucap Ibu Tasniyah salah seorang warga RT. 40, RW.06, Desa Pasir Jaya, 28 Januari 2021.

Dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini diharapkan masyarakat tidak panik dan kembali menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi kasus penularan Covid-19.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *