Fasilitiasi Pendidikan Perangkat Desa sampai Raih Gelar Sarjana

Kampus Program Pendidikan

Ketua Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) Panut Mulyono mengatakan bahwa pihaknya akan turun tangan dalam mengasah keahlian para perangkat desa. Mulai dari kelurahan hingga ke tingkat rukun tetangga (RT).

“Nanti kita akan bantu pemerintah dalam usaha-usaha peningkatan tersebut dengan berbagai skema yang akan kita kembangkan,” jelasnya dalam Penandatanganan Kesepahaman Bersama dan Pengukuhan Pengurus Forum Pertides, Rabu (10/2).

Kemudian, kursus juga akan diadakan dengan sertifikasi bagi para perangkat desa. Hal ini dilakukan agar mereka dapat memiliki keahlian tertentu yang dapat dijalankan guna pengembangan dan pembangunan desa.

“Pada prinsipnya bahwa usaha-usaha kita untuk meningkatkan perangkat desa akan kita usahakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Panut.

Perangkat desa juga diupayakan untuk dapat mengambil gelar kesarjanaan. Perangkat desa akan difasilitasi untuk mendapat pendidikan mulai dari D1 hingga S1.

“Bagi perangkat desa yang meinginkan pendidikan untuk pencapaian derajat kesarjanaan D1, D2, D3, D4, S1, kita juga akan memfasilitasi dengan pembelajaran rekognisi pembelajaran lampau. Mudah-mudahan kita yang bersinergi mempercepat kemajuan dan pembangunan desa,” tutupnya.

Serupa dengan hal itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam juga mengatakan bahwa pihaknya di sini akan mengambil peran dalam menghadirkan pendidikan ke dalam desa.

“Sebagai bentuk nyata dalam mebangun desa dengan menghadirkan kampus ke desa, jadi kampus membangun desa melalui berbagai program yang sudah kita siapkan bersama,” kata dia.

Sebagai informasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) terkait dengan afirmasi kepada kepala desa hingga pendamping desa untuk meraih gelar sarjana.

Sumber : jawapos.com  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *