Guru SD Membuat Latihan Soal Online SD Gratis

OPINI

Oleh : Made Ary Aditya

Situasi pandemi COVID-19 menyebabkan ketidakmenentuan kegiatan masyarakat. Mulai dari jam kerja yang tidak terikat hingga kehadiran di tempat kerja yang tidak diharuskan. Salah satu pekerjaan yang terdampak yaitu bidang pendidikan. Guru bisa bekerja dari rumah karena siswa tidak diijinkan masuk ke sekolah. Pembelajaran yang semula dilakukan dengan bertatap muka, sekarang beralih pada pembelajaran berbasis daring (dalam jaringan). Guru memanfaatkan media online seperti kanal Youtube, Google Classrom, Google Form, dan lainnya dalam mengadakan kegiatan belajar mengajar.

Berbagai kendala dihadapi oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran daring. Tidak semua guru mampu mengoperasikan gatget terlebih guru yang akan pensiun beberapa tahun lagi. Tidak jarang guru yang bersangkutan meminta bantuan kepada rekan guru lainnya yang mampu atau sanak keluarga di rumah. Mayoritas siswa juga merasa tidak nyaman belajar secara daring di rumah. Banyak orang tua yang mengeluh kepada guru karena anak mereka sulit untuk diajarkan di rumah. Anak mudah putus asa dan kehilangan motivasi mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mereka.

Pendekatan pembelajaran yang lebih bersahabat dengan siswa dilakukan oleh guru berdasarkan surat edaran Kemendikbud. Guru tidak dituntut untuk menuntaskan kurikulum. Tugas yang diberikan juga diharapkan tidak terlalu banyak, sehingga siswa tidak setres dan tidak tertekan belajar di rumah. Anjuran dasar seperti makan-makanan yang sehat, rajin berolahraga, dan membantu orang tua membersihkan rumah selalu diberikan kepda siswa. Tugas utama dari seorang guru memang  memanusiakan manusia.

Demi memberikan pengalaman belajar baru sekaligus mengukur kemampuan diri, seorang guru dari Gianyar Bali membuat latihan soal online berbasis laman blog. Soal tersebut dibuat dengan menggunakan kode-kode Javascript. Siswa dari sekolah manapun bisa mengakses soal secara gratis. Soal yang tersedia adalah soal kelas 4, 5, dan 6 pelajaran matematika dan tematik. Tersedia juga soal olimpiade atau sekarang dikenal dengan sebutan KSN (Kompetisi Sains Nasional). Siswa hanya perlu menjawab soal yang disediakan kemudian nilai akan langsung muncul, bahkan bisa mengirimkan nilai tersebut kepada gurunya.

Latihan soal online dapat diakses dari berbagai perangkat seperti hp (smartphone), tablet, computer dan laptop. Siswa diharapkan tidak hanya mengejar nilai semata, tetapi benar-benar mengukur kemampuan diri dalam memahami materi ajar. Soal yang tersedia juga sudah sesuai dengan tahap perkembangan anak. Tingkat kesulitan soal sangat beragam.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *