Strategi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

OPINI

Oleh : Sultan Hadi Prabowo

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan strategi penerapan kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 ini sebagai upaya untuk menegakkan Kegiatan Belajar Bengajar (KBM) di tengah Pandemi Covid-19 melalui kebijakan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Kementerian Pendidikan yang memuat empat hal tersebut. Ada empat pokok utama strategi yang diusung Kemendikbud.

Pertama adalah pembelajaran secara daring, baik secara interaktif maupun non interaktif. Hal ini perlu dilakukan meskipun tidak semua anak-anak dapat melakukan itu karena faktor infrastruktur. Dalam hal ini, paling penting adalah pembelajaran harus terjadi meski di rumah.

Aturan yang diterapkan pemerintah di dunia pendidikan saat ini adalah pembelajaran di rumah karena pandemi virus covid-19. Walaupun kebijakan itu sangat baik tetapi belajar di rumah terkadang memunculkan rasa malas dan jenuh dibandingkan ketika berada di sekolah.

Ada tips yang bisa kamu lakukan untuk melawan hal tersebut. Tips ini juga bisa dipakai untuk tugas-tugasmu lainnya juga yang dikerjakan secara online.

1. Mengatur manajemen waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Jika ada tugas segera dikerjakan, jangan ditunda-tunda, sehingga nanti akan menumpuk dan membuat kita malas untuk mengerjakan.

2. Cari tempat yang nyaman dan memiliki pencahayaan ruangan maksimal

Penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain dengan pencahayaan yang maksimal.

3. Siapkan alat-alat yang digunakan untuk belajar

Siswa harus mengetahui peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Tidak semua sekolah sudah menyediakan layanan belajar daring yang memadai, karna itu beberapa platform belajar daring dapat menjadi alternatif. Demikian juga alat teknologi seperti komputer, smartphone, dan juga jaringan internet yang baik.

4. Siapkan Cemilan

Untuk mengurangi kejenuhan dan rasa kantuk saat belajar, kita bisa menyiapkan cemilan yang menyehatkan.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *