Juni 16, 2021
Menerapkan Perilaku Kejujuran terhadap Anak Usia Dini

Menerapkan Perilaku Kejujuran terhadap Anak Usia Dini

Oleh : Darniati Meicarolin

Kejujuran merupakan nilai sikap yang paling penting dan mendasar bagi kehidupan yang harus diajarkan pada anak sejak kecil.

Bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berguna karena kejujuran sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Jujur adalah sifat yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya sesuai kenyataan (kebenaran).

Beberapa hal yang harus ditanamkan dari sifat jujur terhadap anak usia dini dengan cara memberikan contoh yang baik (menjadi contoh),memberikan pemahaman pada anak bahwa jujur itu sangat disenangi dan disegani semua orang dan orang yang jujur itu dapat dipercaya orang, mengajarkan kejujuran melalui kisah dari orang lain maupun kisah sendiri dan tidak lupa menanamkan pendidikan agama terkait kejujuran, dan jangan langsung memberikan hukuman yang berat jika anak berbohong melainkan memberikan pemahaman ataupun nasehat pentingnya bersikap jujur.

Orang tua sangat berperan penting untuk menanamkan sikap jujur terhadap anaknya kerena sejak kecil anak berada disamping orang tuanya.Orang tua harus lebih memperhatikan perkembangan anaknya dan sedikit demi sedikit memeberikan pemahaman mengenai sikap kejujuran dan memebrikannya contoh seperti apa itu karakter jujur dan harus menerapkannya dirumah,sekolah ataupun dilingkungan masyarakat agar anak nantinya akan terbiasa dan selalu menerapkannya hingga tumbuh dewasa.

Dan sebagai mahasiswa kita harus selalu hidup jujur.Dengan cara membiasakan diri dari hal-hal yang terkait dengan kejujuran dan  menjauhi segala kebohongan, memperkuat kepercayaan diri(lebih percaya  diri) dan paling penting memperkuat agama yang megajarkan pentingnya kejujuran dalam kehidupan.

Mahasiswa pada zaman sekarang sering sekali melalukan kebohongan apalagi pada saat mengerjakan sebuah tugas banyak sekali yang mencontek dari teman dan mengerjakan tugas tidak dari hasil sendiri melainkan mengcopy paste dari web seperti google.Hal itulah yang membuat mahasiswa semakin sering melakukan kebohongan.

Maka dari itu sebagai mahasiswa harus merubah kebiasaan tersebut,seperti mengerjakan tugas sendiri dengan percaya diri  ,jika tidak tau sebaiknya bertanya atau berkonsultasi pada seseorang yang lebih paham jangan langsung menyerah dan mengcopy hasil teman,lebih rajin lagi untuk membaca buku diperpustakaan.

Jika mahasiswa mengerjakan sesuatu dengan kejujuran akan merasa lebih bangga akan hasil sendiri dan akan menjadi sebuah kebiasaan nantinya mengerjakan apapapun itu dengan kejujuran.Kejujuran mahasiswa bisa membuat nilai akademik menjadi bagus karena tujuan mahasiswa yang sebenarnya bukan hanya mendapatkan nilai yang bagus saja tetapi mendaptkan ilmu yang berguna untuk mesa depannya.jika mahasiswa tidak jujur akan menjadi hal yang buruk ketika mahasiswa tersebut untuk mencari kerjaan yang diakibatkan selalu mengerjakan tugas copy paste sehingga tidak ada ilmu yang didapatnya.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *