Juni 16, 2021
4 Media Yang Dapat Digunakan Pada Pembelajaran Jarak Jauh

4 Media Yang Dapat Digunakan Pada Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : Risa Prmatasari

Masuknya wabah virus korona ke Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan berkegiatan masyarakat di berbagai bidang, salah satunya adalah berdampak pada bidang pendidikan. Seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dimulai sejak tanggal diberlakukannya pada 16 Maret 2020. Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring, atau sering juga disebut Study From Home (SFH) ini ditemukan banyak kesulitan baik bagi siswa maupun guru karena beberapa faktor.

Metode daring yang dilakukan oleh hampir seluruh sekolah di Indonesia saat ini tentunya banyak memiliki hambatan untuk mewujudkan pembelajaran yang efektivitas baik bagi guru maupun siswa.  Dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran daring bisa mewujudkan pembelajaran yang efektiv. Berikut 4 media yang bisa di buat oleh guru untuk menciptakan pembelajaran atau evaluasi pembelajaran yang menarik bagi siswa

1. Google Sites

Platform  pembelajaran milik google untuk membuat website dengan  mudah. Platform  ini cocok digunakan dalam  pembelajaran daring. Pendidik dapat menggunakan  google sites untuk membuat website materi pembelajarannya.

2. Kahoot

Platform pembelajaran yang bisa digunakan sebagai evaluasi pembelajaran berbasis permainan . platform  ini cocok digunakan ketika dilakukan pembelajaran meeting virtual dan diakhiri dengan evaluasi menggunakan kahoot.

3. Quiziz

Platform pembelajaran yang bisa digunakan sebagai evaluasi pembelajaran . quiziz berbentuk web tool yang digunakan untuk membuat kuis berbasis permainan interaktif yang penggunaanya sangat mudah.

4. Video Animasi

Video animasi dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran jarak jauh guru dapat memanfaatkan beberapa aplikasi untuk membuat video pembelajaran seperti: animaker,blender,powtoon dan lainnya. Pembelajaran dengan video animasi akan menarik jika diterapkan  pada jenjang SD-SMP.  

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *