Juni 16, 2021
Press Release “Peningkatan Kualitas Kemampuan dan Kecakapan Public Speaking Pada Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)”

Press Release “Peningkatan Kualitas Kemampuan dan Kecakapan Public Speaking Pada Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)”

Oleh : Dini Rohmah

Dalam membangun bangsa yang dapat bersaing setiap negara memiliki cara masing-masing yang berbeda tentunya. Pentingnya kemampuan untuk berbicara didepan publik dan menyampaikan aspirasi merupakan salah satu hal yang kecil yang harus diperhatikan dan memiliki mafaaat yang besar di era global seperti saat ini. Public Speaking memiliki keuntungan terutama bagi setiap orang yang berorganisasi atau berada di dalam sebuah instansi, karena sebagai penunjang kegiatan saat beraktivitas. Public Speaking dituntut agar kita dapat menyampaikan ide, gagasan serta pesan dari apa yang kita sampaikan dan dibutuhkan keahlian tentunya untuk hal itu, bagi sebagian orang berbicara memanglah mudah tetapi tidak dengan berbicara di depan umum apalagi sampai mempengaruhi dapat memahami isi pesan yang disampaikan.

Pada tanggal 19 Desember 2020 gabungan Program Studi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Bunda Mulia Jakarta telah melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan peningkatan kemampuan Public Speaking yang ditujukan untuk organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Gedung Dakwah Center DKI Jakarta dengan tema “Peningkatan Kualitas Kemampuan dan Kecakapan Public Speaking Pada Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)” diikuti oleh 35 peserta acara tersebut berlangsung dengan lancar dan mendapat antusiasme yang baik dari peserta yang mengikuti. Kegiatan ini dihadiri oleh salah satu dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta yaitu Samsul Ode, S.IP, M.Si. dan beberapa moderator lainnya.

Ditengah situasi pandemi seperti saat ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap menjalankan aktivitas yang bermanfaat tentunya bertujuan dalam pengembangan dan melatih kemampuan personal terutama menimbulkan rasa percaya diri dalam penyampaian pendapat yang baik di depan umum, ini merupakan hal efektif untuk memberi pemahaman dan wawasan dalam peningkatan kemampuan Public Speaking.

Sebagai agen perubahan mahasiswa dituntut untuk bisa memiliki pemikiran kritis serta penyampaian pesan yang baik, dalam menyampaikan isi pesan harus bisa memberikan pemahaman yang mudah dicerna bagi pendengar karena salah satu hal yang utama dalam Public Speaking adalah kepercayaaan diri yang harus dimiliki kemudian penguasaan dari apa yang akan disampaikan dan cara penyampaian pesannya, dengan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini sangatlah bermanfaat terutama dikalangan remaja dan kegiatan yang diseenggarakan ini memiliki sasaran yang tepat yaitu para mahasiswa dengan adanya kegiatan tersebut maka kendala yang terjadi dalam public speaking dapat teratasi karena didiskusikan secara bersama dengan para narasumber yang ada sekaligus melatih kemampuan untuk berkomunikasi yang baik. Dengan diadakannya kegiatan tersebut maka diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memberi wawasan dan motivasi untuk dapat meningkatkan kemampuan Public Speaking.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *