Juni 16, 2021
Sifat Amanah dapat Menarik Rezeki?

Sifat Amanah dapat Menarik Rezeki?

Oleh : M. Akhsanul A

Pendahuluan

Sifat Amanah kini lebih dicorokkan kepada pimpinan suatu daerah. Bagaimana tidak, untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakatnya maka ia harus dapat dipercaya sebagai perwakilan orang yang memimpin suatu daerah tersebut. Percaya atau tidak, sifat amanah dapat menarik rezeki orang. Hal ini sudah terjadi sejak dahulu kala. Bahkan pada zaman nabi Yusuf a.s, beliau memimpin dengan penuh amanah sehingga rakyatnya yang tinggal di Mesir dapat hidup dengan sentosa dan bahagia. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’anul Karim

” Berkata Yusuf : Jadikanah aku bendaharawan negara (Mesir), sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpenngatahuan.”

Pembahasan

Sifat amanah akan menjadikan kita dipercaya oleh orang lain untuk melakukan sesuatu pada jabatan/posisi tertentu. Saya ilustrasikan dalam cerita berikut :

Pak Adit merupakan seorang buruh yang dikenal dengan ulet,kerjakeras, dan amanah ketika diberi tugas. Untuk itu, bos dari Pak Adir akan selalu memberikan mandat kepadanya apabila mendapat projek besar. Dikarenakan amanah dan tanggungjawab yang ia pegang, bos Pak Adit memberikan bonus atas amanah yang ia jaga.

Cuplikan cerita diatas mencerminkan bahwasanya sifat amanah dapat mendatangkan rezeki. Orang yang terbiasa amanan, pada umumnya juga akan jujur terhadap segala sesuatu. Kedua hal ini yang terkadang susah didapatkan karena menyangkut moral. Pada jaman kini, banyak orang yang paham akan ilmu pengetahuan alam, teknologi, sosbud, dll. Namun untuk pembelajaran moral/sikap masih tergolong rendah. Padahal ini juga tak kalah pentingnya karena menyangkut hubungan vertikal kepada sesama manusia.

Penutup

Penulis ingin berpesan kepada pembaca untuk dapat membentuk sifat amanah dari hal yang terkecil seperti menjalankan kewajiban masing-masing. Entah itu kewajiban sebagai seorang murid, atau sesuai profesi. Karena suatu hal yang dilakukan secara terus menerus akan membentuk habbit/kebudayaan. Kebudayaan yang dilakukan secara continue akan menjadikan watak atau sikap. Hal ini yang perlu dibentuk untuk generasi kita hingga mendatang.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *