Kuota Internet dari Kemendikbud Tak Dilanjutkan Setelah Mei 2021

Kemdikbud

Dengan target sekolah tatap muka dimulai pada Juli 2021, Kemendikbud memutuskan untuk tidak melanjutkan bantuan subsidi kuota internet setelah Mei 2021.

Kemendikbud telah mengajukan alokasi anggaran kepada Kementerian Keuangan sebesar Rp 2,6 triliun untuk sekitar 30 juta bantuan kuota internet yang akan digunakan pada Maret-Juni 2021.

Oleh karena itu, bantuan kuota internet ini disebut sebagai ‘jembatan’ sebelum sekolah tatap muka dimulai Juli 2021.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud Muhammad Hasan Chabibie, pihaknya memang belum membahas anggaran bantuan kuota internet lainnya, seandainya pada Juli sekolah tatap muka belum memungkinkan untuk dilaksanakan.

“Anggaran setelah Juni, kami belum bisa bicara banyak, karena tergantung pengambil kebijakan tertinggi dalam hal ini Kementerian Keuangan. Tapi ada Dana BOS, salah satunya bisa saja digunakan untuk beli kuota,” katanya, dikutip dari Antara.

Kuota internet 2021 diberikan selama tiga bulan mulai dari Maret 2021. Bantuan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulannya dan berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima.

Jumlah Kuota Internet 2021 Lebih Kecil, tapi Bisa Akses Semua Laman

Sebelumnya, Kemendikbud telah mengumumkan jumlah bantuan kuota internet 2021, untuk membantu belajar online selama pandemi COVID-19. Untuk jumlah kuotanya di tahun ini lebih kecil dibandingkan 2020.

Untuk peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan 7 GB per bulan, sementara peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP dan SMA sederajat) akan mendapatkan 10 GB per bulan.

Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah akan mendapatkan 12 GB per bulan. Di sisi lain, mahasiswa serta dosen akan mendapatkan 15 GB per bulan.

Kemendikbud memberikan kuota umum untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir Kemenkominfo, dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud yakni http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Sumber : kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *