Mahasiswa Bisa Kuliah Tatap Muka Tahun Ini, Simak Aturan dari Kemendikbud

Kemdikbud

Mahasiswa sudah bisa melakukan kuliah tatap muka tahun ini. Namun, penyelenggaraannya disesuaikan dengan Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Simak aturan lengkapnya, seperti dikutip dari Instagram @ditjen.dikti.

  • Pembelajaran di perguruan tinggi pada semester genap diselenggarakan secara campuran (tatap muka dan online), disesuaikan dengan status dan kondisi setempat.
  • Masa belajar paling lama bagi mahasiswa tingkat akhir dapat diperpanjang satu semester. Peraturannya diserahkan kepada pimpinan perguruan tinggi, sesuai dengan kondisi dan situasi setempat.
  • Periode pembelajaran semester genap tahun akademik 2020/2021 pada seluruh jenjang program pendidikan, dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi.
  • Persiapan pelaksanaan pada poin satu sampai tiga di atas, dapat dikoordinasikan terlebih dulu dengan lembaga layanan pendidikan tinggi setempat.

Ditjen Dikti menambahkan, waktu pelaksanaan kuliah tatap muka dan online disesuaikan dengan situasi serta kondisi wilayah setempat.

Perguruan tinggi juga diimbau agar tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan, dan masyarakat di sekitar.

Selain itu, kuliah, praktikum, atau penelitian diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Sekolah Juga Bisa Belajar Tatap Muka Mulai Juli 2021

Selain kampus, Kemendikbud menargetkan semua sekolah di Indonesia sudah bisa tatap muka mulai Juli 2021.

Target ini disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim, mengingat guru dan tenaga pendidik sudah mulai dilakukan vaksinasi corona.

Menurut Nadiem, nantinya pembelajaran tatap muka masih akan dilakukan dengan sistem rotasi atau sekitar 50 persen siswa yang hadir di sekolah. Sementara sisanya melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sumber : kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *