Wisuda Daring UI, 1.176 Wisudawan Lulus dengan Cum Laude

Kampus

JAKARTA:  Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro memimpin Upacara Wisuda Virtual Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor semester gasal tahun akademik 2020/2021.  Jumlah keseluruhan lulusan UI mulai dari jenjang Vokasi hingga Doktoral, tercatat sebanyak 4.361 orang dan sebanyak 1.176 di antaranya merupakan lulusan berpredikat Cum laude.

Pada upacara wisuda hari pertama, UI melepas 2.168 lulusan dari Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Para lulusan tersebut terdiri atas 233 lulusan program profesi reguler, 11 lulusan program profesi kelas internasional, 211 lulusan program spesialis 1 (Sp-1), 36 lulusan program spesialis 2 (Sp-2), 1.573 lulusan program magister, dan 104 lulusan program doktor.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat hadir menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan UI.  Rerie sapaan akrabnya berpesan, agar para wisudawan meneguhkan identitas sebagai sarjana Indonesia yang berakhlak mulia, memiliki semangat dan nilai kebangsaan, dan cinta Tanah Air.

“Cinta dan dedikasi UI terbukti tangguh memberikan kontribusi bagi bangsa untuk bangkit dan pulih dari pandemi covid-19,” kata Rerie, Jumat, 5 Maret 2021.

Dalam sambutannya, Rektor UI, Ari Kuncoro menuturkan, bahwa selama masa pandemi covid-19 yang dihadapi dunia saat ini, UI mengambil peran strategis berkontribusi menghasilkan berbagai produk inovasi.  Tidak hanya itu, UI juga gencar melakukan berbagai riset guna kemandirian produksi dalam negeri akan alat-alat kesehatan, melakukan riset yang menghasilkan obat-obatan dan penunjang kesehatan lainnya.

Riset dan inovasi tersebut berangkat dari adanya kebutuhan di tengah masyarakat dan diarahkan pada hasil yang dapat dipakai langsung dalam penanganan covid-19.  Selain itu, UI juga ikut ambil peran dalam satuan tugas Covid-19 dan mendedikasikan program pengabdian masyarakat kepada mereka yang membutuhkan di seluruh Indonesia melalui Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI.

Ari juga berpesan kepada para wisudawan agar senantiasa menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. “Jadilah lentera di mana pun Saudara berada, yang pijarnya senantiasa menjadi penerang bagi sekitar,” kata Ari.

Pada program profesi, sebanyak 113 lulusan program profesi reguler dan 1 lulusan program profesi kelas internasional berhasil lulus dengan predikat Cum laude. Teuku Mafasa Tabara lulusan dari Fakultas Teknik (FTUI) program profesi reguler meraih IPK sempurna 4,00.

Sementara, pada program profesi kelas internasional, IPK tertinggi diraih oleh Grace Suriadi Halim (Pendidikan Dokter-Fakultas Kedokteran (FKUI)) dengan IPK 3,60.

Berikutnya, sebanyak 46 lulusan program Sp-1 dan 18 lulusan program Sp-2 meraih predikat Cum laude. Iqbal Mochtar (program studi Kedokteran Okupasi), lulusan dari program Sp-1 dari Fakultas Kedokteran (FKUI) memperoleh IPK 3,96.

Sementara, dari program Sp-2, Ade Susanti dari program studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran (FKUI) berhasil memperoleh IPK tertinggi yaitu IPK 3,89.  Pada program pendidikan magister, sebanyak 330 lulusan meraih predikat Cum laude.

Empat orang lulusan yaitu Defy Oktaviani (program studi ilmu ekonomi-Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI)), Hafizh Rafizal Adnan, Rini Juliana Sipatuhar, Lintang Matahari Hasani (prodi ilmu komputer Fakultas Ilmu Komputer UI) meraih IPK tertinggi dengan IPK 4,00.

Terakhir, pada program pendidikan doktoral, sebanyak 19 lulusan berhasil memperoleh predikat Cum laude.  Iwan Setyadi dari program studi Teknik Metalurgi dan Material-Fakultas Teknik (FTUI) berhasil meraih IPK tertinggi pada program pendidikan doktoral, yaitu dengan perolehan IPK 4,00.

Pada upacara wisuda yang digelar secara virtual ini, hadir alumni UI memberikan orasi ilmiah yang saat ini menjabat dalam Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Desa PDTT, Budi Arie Setiadi, dan Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury.

Selain menggelar wisuda di tingkat universitas, UI juga memfasilitasi lulusannya untuk mengikuti wisuda di tingkat fakultas/sekolah/vokasi yang dipimpin langsung oleh Dekan/Direktur. Wisuda ini menjadi momentum berharga dan kebanggaan, tidak hanya bagi para wisudawan, melainkan juga bagi para orang tua/wali mahasiswa. Kelak, upacara wisuda virtual ini akan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi generasi di masa mendatang.

Sumber : medcom.id  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *