Juni 16, 2021
Pemikiran Pendidikan Anies Baswedan

Pemikiran Pendidikan Anies Baswedan

Oleh : Zulfa Uswatun Hasanah

Salah satu inisiatif Anies Baswedan untuk pendidikan di indonesia adalah:

1. Menciptakan progam Indonesia belajar

Pada dasarnya progam ini dilandasi oleh semangat janji kemerdekaan RI yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa hal ini sesuai dengan pembukaan UUD 1945. Selain itu progam ini bertujuan untuk mengirim anak-anak muda terbaik bangsa yang sering disebut sebagai Pengajar Muda (PM) untuk mengajar di suatu sekolah dasar yag terdapat di pedesaan-pedesaan terpencil di Indonesia. Progam ini juga bertujuan untuk menciptakan calon pemimpin yang memiliki pemahaman akar rumput dan kompetensi global.

2. Indonesia Menyala

Progam Indonesia Menyala pertama kali diluncurkan pada tanggal 15 April 2011. Adapun pembentukan progam ini didasari oleh rasa keprihatinan masyarakat Indonesia terhadap kurangnya bahan bacaan yang bermutu, sehingga muncullah progam pembangunan perpustakaan, adapun model perpustakaan ini ada 2 yaitu perpustakaan tetap yang berada di sekolah dan perpustakaan yang berputar atau perpustakaan yang dibawa oleh pengajar muda di desa desa terpelosok untuk meningkatkan bacaan peserta didik dan masyarakat tentang pendidikan

3. Menciptakan kelas inspirasi

Kelas ini dipandu oleh para profesional dalam bidang pendidikan hal ini bertujuan untuk memotivasi peserta didik secara langsung oleh para profesional pendidikan.

4. Pendidikan anti korupsi

Menurut Anies, pendidikan ini sangat sesuai untuk ditanamkan melalui proses pembelajaran ketika pendidik berada di suatu lembaga pendidikan, adapun para pendidik menjadi teladan atas sikap yang harus dimiliki oleh para peserta didik.

5. Peningkatan kualitas hidup manusia

Adapun kualitas hidup manusia disini bukanlah kualitas SDM manusianya, akan tetapi kualitas hidup manusia hanya dapat didapatkan oleh proses pendidikan yang berkualitas terhadap para peserta didik.

Sumber : kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *