Juni 16, 2021
Sebetulnya untuk Apa Kita Belajar?

Sebetulnya untuk Apa Kita Belajar?

Oleh : Siti Marwanah

Belajar akan membosankan dan terpaksa dijalani jika kamu tidak tahu untuk apa sebetulnya kamu belajar? Apa tujuan yang kamu inginkan dari belajar?

Setiap hari kalian bangun pagi-pagi, berangkat sekolah, mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan ulangan, tugas kelompok, dan lain-lain. Pulang sekolah lanjut ke bimbingan belajar atau les privat untuk bantu mengerjakan PR sekaligus persiapan belajar untuk ulangan besok.

Oke, belajar itu memang penting. Belajar itu memang kewajiban kaum pelajar. Tapi pernah gak sih kamu sebagai para pelajar merenungkan dan bertanya dalam dirimu Sebetulnya untuk apa sih kamu melakukan semua itu? Untuk apa pergi ke sekolah? Untuk apa kamu belajar?

Kalau kamu betanya kepada orang tuamu untuk apa kamu belajar? Maka jawaban orang tua pasti bermacam-macam diantaranya : ada yang bilang supaya bisa kerja di perusahaan besar, ada yang bilang supaya bisa nerusin usaha orangtua, ada yang bilang supaya bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS),! Tapi ya intinya biasanya sih U-U-D, ujung-ujungnya duit,

Tapi kalau kamu bertanya kepada guru, pihak sekolah atau pemerintah maka kurang lebih jawaban yang kamu dapatkan seperti ini : Kalian belajar ya supaya jadi orang yang berguna bagi masyarakat, supaya bisa jadi sumber daya manuasia (SDM) yang berkualitas, minimal bisa membanggakan orangtua, syukur-syukur bisa mengharumkan nama Bangsa dan Negara.

Okay, jawaban-jawaban di atas mungkin terdengar klise dan udah basi banget ya di telinga kamu. Tapi terlepas dari jawaban-jawaban klise dari orangtua, atau guru yang setiap saat udah bawel banget menyuruh kamu terus belajar setiap hari… Pernah ndak sih kamu sebagai pelajar mencoba merenungkan secara pribadi,

Nah, pada kesempatan kali ini, ibu guru mau mengajak kalian untuk merenung sejenak . Coba lepaskan dulu pikiranmu dari pengaruh/pendapat/tuntutan dari orangtua, guru, atau siapapun. Bebaskan pikiranmu dari pendapat orang lain, lalu coba kamu secara sadar dan serius bertanya pada dirimu sendiri: Sebetulnya untuk apa saya belajar? Kenapa saya melakukan semua ini?”

SEBETULNYA SEBERA PENTING SIH TUJUAN BELAJAR ITU UNTUK DIPERTANYAKAN?

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang heran, kenapa tiba-tiba ibu guru bahas topik ini? Kenapa ibu guru perlu mempertanyakan tujuan belajar? Bukankah kita semua sudah sepakat bahwa belajar itu penting? Bahwa belajar itu kewajiban, belajar itu untuk mencapai cita-cita, belajar itu untuk masa depan, belajar itu suatu keharusan?

Materi ini sengaja ibu guru berikan karena banyaknya siswa yang belum punya motivasi belajar, dan ada siswa yang menganggap belajar adalah beban.

Pertanyaan ini kesannya sepele tapi sebetulnya PENTING BANGET untuk direnungkan. alasan seseorang untuk belajar, adalah hal yang sangat pribadi & juga sakral, namun juga hal yang mendasar untuk menjadi landasan kalian untuk berjuang. Bayangkan jika kamu dituntut untuk melakukan sesuatu, terus menerus setiap hari selama bertahun-tahun, tapi kamu tidak punya tujuan yang jelas kenapa kita harus melakukan itu. Hasilnya apa?

Hal inilah yang membuat kamu merasa proses belajar ini adalah sebuah beban, belajar adalah hal yang membosankan, atau bahkan hanya sekadar kewajiban yang dengan terpaksa harus dijalani.

Selama kamu belum bisa mengetahui apa yang ingin kamu perjuangkan, maka apapun yang akan kamu lakukan tidak akan optimal, usahamu jadi setengah-setengah, ujung-ujungnya memunculkan bibit-bibit masalah belajar yang bercabang-cabang, dari masalah motivasi belajar sampai tidak mau mengerjakan tugas.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *