Enam Metode Belajar Cepat, Cocok untuk Kalian yang Akan Menghadapi Ujian

OPINI

Oleh : Mayangthika

Ujian masih merupakan sesuatu hal menegangkan bagi sebagian orang. Namun mau tidak mau, dan siap maupun tidak, mereka harus menjalani hal itu untuk bisa memasuki tahapan yang lebih tinggi lagi.

Ada sebagian yang mengatakan bahwa mereka sudah mencoba untuk belajar, namun masih belum bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Beberapa metode yang bisa kalian coba untuk membantu proses belajar, diantaranya:

Percaya dengan kemampuan yang kalian miliki.

Percaya bahwa kalian bisa, dan semuanya tergantung pada keyakinan kalian.

Jika kalian terus berfikir kalian  tidak akan berhasil, maka kalian tidak akan pernah berhasil.  Tapi jika kalian berfikir kalian pasti bisa, maka kalian bisa melakukannya.

Kata-kata yang diucapkan secara berulang akan mempengaruhi pola kerja otak dan secara tidak langsung juga akan mempengaruhi semangat belajar.

Percaya pada diri sendiri, percaya bahwa usaha yang kalian lakukan akan menghasilkan nilai yang optimal.

Latihan secara teratur.

Fungsi utama otak adalah mengontrol gerakan. Karena saat tubuh bergerak otak juga akan bergerak.

Jangan cepat merasa puas diri.

 Salah satu sifat manusia itu mudah sekali merasa puas dan bangga akan hasil yang di raih nya, walau hal yang di capainya itu belum seberapa. Cepat merasa puas diri akan mendorong kalian menjadi malas.

Berani bertanya dan mengeluarkan pendapat.

Berani bertanya, berpendapat, bertukar pikiran dengan orang lain adalah salah satu cara menguji sejauh mana kalian telah belajar. Bisa juga sebagai wadah untuk menambah materi dan ilmu yang belum sempat kalian pelajari.

Pahami keadaan emosial diri.

Jangan pernah memulai pembelajaran saat keadaan kalian sedang tidak baik, bosan, atau lagi tidak mood. Kalian bisa menundanya sampai perasaan baik kalian kembali.

Bila tidak, apa yang akan kita pelajari tidak akan bisa kita cerna apalagi kita ingat. Malah akan membuat mood kita semakin buruk.

Mencari hal-hal yang bisa membangkitkan semangat dan mood baik, seperti mendengarkan lagu, makan – makanan favorit, atau pergi keluar rumah untuk sekedar melihat pemandangan atau menghirup udara segar.

Mengajarkannya

Ketika semuanya sudah selesai kalian pahami dan pelajari, cobalah untuk berbagi ilmu tersebut ke orang terdekat. Karena dengan kalian mengajarkannya, sama seperti kalian sedang mengulang kembali apa yang telah kalian pelajari.

Ingatlah filosofi kopi, makin di diamkan maka makin mengendap. Begitupun ilmu, makin kita berbagi maka ilmu itu akan semakin bertambah.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *