Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Ini Syarat dan Bantuan Biayanya

Kemdikbud Program Pendidikan

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Program ini dikhususkan bagi mahasiswa semester 3 hingga semester akhir yang tertarik menambah pengalaman belajar di luar pulau domisilinya.

Sistem pembelajaran dalam program ini dilaksanakan secara luring jika memungkinkan pada kampus penerima. Sedangkan pada kampus pengirim dan kampus mitra dilakukan secara daring penuh (full online).

Melansir dari laman resmi Kampus Merdeka Kemendikbud, berikut rincian bantuan pembiayaan dan persyaratan bagi peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

A. Informasi Bantuan Biaya Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Sumber pembiayaan program ini berasal dari LPDP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I dan juga bisa bersumber dari kampus pengirim, kampus penerima, kampus mitra dan/atausumber pendanaan lain yang tidak mengikat. Berikut ini adalah rincian sumber pembiayaan dari LPDP.

1. Bantuan langsung kepada mahasiswa

a. Bantuan biaya transportasi tiket pesawat (kelas ekonomi) dan kereta (maksimum kelas eksekutif) dari lokasi perguruan tinggi pengirim ke perguruan tinggi penerima pulang-pergi (at cost).

b. Bantuan biaya rapid antigen sebanyak 2 kali (pergi dan pulang), sebesar Rp 250.000 untuk satu kali perjalanan yang membutuhkan hasil tes rapid antigen (at cost).

c. Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp 2.400.000 dengan ketentuan

• Jika biaya UKT melebihi Rp 2.400.000maka yang dibayarkan hanya sebesar Rp 2.400.000.

• Jika biaya UKT di bawah Rp 2.400.000 maka biaya yang dibayarkan sebesar biaya UKT mahasiswa yang bersangkutan.

• Penerima beasiswa dari negara seperti Kartu Indonesia Pintar dan lain-lain, maka tidak akan menerima bantuan UKT.

d. Bantuan biaya hidup selama 4 bulan efektif kegiatan, diberikan Rp 700.000 per mahasiswa per bulan. Penerima beasiswa dari negara seperti Kartu Indonesia Pintar dan lain-lain, maka tidak akan menerima bantuan biaya hidup.

e. Bantuan biaya akomodasi selama 4 bulan efektif kegiatan, diberikan Rp 500.000 per mahasiswa per bulan.

f. Bantuan biaya pulsa untuk mahasiswa sebesar Rp 800.000 selama satu semester (akan diberikan jika bantuan kebijakan kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak diberikan).

2. Pembiayaan di tingkat perguruan tinggi dari perguruan tinggi langsung

a. Bantuan biaya untuk dosen pengampu mata kuliah daring dalam pengembangan Modul Pembelajaran, sebesar Rp 2.000.000 per mata kuliah (tim dosen).

b. Bantuan biaya untuk dosen pembimbing Modul Nusantara dalam pembuatan dan pelaksanaan modul nusantara selama 4 bulan efektif kegiatan, sebesar Rp 2.400.000 per bulan.

c. Bantuan biaya untuk mentor kegiatan Modul Nusantara selama 4 bulan efektif kegiatan, sebesar Rp 700.000 per bulan.

d. Biaya pengelolaan perguruan tinggi peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, sebesar 10% dari total biaya yang tertulis di kontrak program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dengan perguruan tinggi yang bersangkutan.

B. Persyaratan Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka

1. Mahasiswa aktif dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) pada semester 3 sampai dengan 8.

2. Mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di seluruh Indonesia hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti dan memperoleh bantuan biaya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

3. Memiliki IPK sekurang-kurangnya

2.75 dan/atau berprestasi sekurang-kurangnya ditingkat provinsi yang ditunjukkan dengan bukti yang resmi.

4. Memiliki kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif.

5. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik pada perguruan tinggi pengirim.

6. Bersedia mentaati seluruh ketentuan yang tertulis di dalam POB program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini direncanakan akan dimulai pada semester depan, yaitu Agustus 2021-Januari 2022.

Sumber : detik.com  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *