Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Ciamis Berlangsung Dua Minggu

Jawa Barat

CIAMIS – Pemkab Ciamis menguji coba sekolah tatap muka pada Ramadhan. Uji coba sekolah tatap muka untuk jenjang SD, SMP, SMA ini dilaksanakan dua minggu pada 19 April hingga 8 Mei 2021.

“Alhamdulillah pak bupati Ciamis untuk sekolah tatap muka memberikan kesempatan dibuka uji coba dua minggu selama Ramadhan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat, Rabu (14/4/2021).

Dinas Pendidikan Ciamis bersama Kemenag dan KCD Pendidikan Jabar telah berkoordinasi mempersiapkan rambu-rambu dalam menghadapi sekolah tatap muka ini. Pada intinya sekolah harus mempersiapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk uji coba ini tidak semua kelas, tapi untuk SD kelas 5 dan kelas 6. Untuk jenjang SMP kelas 7 dan kelas 8. Sedangkan untuk SMA itu kelas 10 dan jelas 11,” kata Asep.

Menurut Asep, pembukaan sekolah ini pun berdasarkan zonasi. Sekolah yang bisa tatap muka hanya yang ada di desanya zona hijau.

Siswa atau guru asal zona merah sedangkan lokasi sekolah di zona hijau, tidak diperkenankan untuk datang dan kegiatan belajar menggunakan daring. “Siswa yang orang tuanya tidak mengizinkan tatap muka pun tidak boleh dipaksa. Termasuk guru yang belum divaksinasi tidak boleh dulu mengajar,” ujar Asep.

Sistem pembelajarannya, setiap ruang belajar dibatasi 50 persen dari jumlah siswa keseluruhan kelas. Sehingga pengaturannya dijadwal bisa pagi dan sore atau bergilir sehari. Sehingga dalam seminggu dilaksanakan 3 hari pertemuan. Tempat duduk jarak antar siswa pun harus diatur.

“Apabila pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka ini berjalan lancar, dievaluasi dan akan terus dibuka setelah hari raya Idul Fitri,” ujar Asep.

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *