Teknik Geologi Unpad Tawarkan Program Internasionalisasi untuk Mahasiswa

Kampus

JAKARTA:  Fakultas Teknik Geologi (FTG) Universitas Padjadjaran (Unpad) meluncurkan program Internasional Semester Genap 2020/2021.  Program ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi lulusan dalam hal attitude, leadership, networking, skill, knowledge, dan international competence.

Ketua Program Studi Sarjana Teknik Geologi Unpad, Irvan Sophian menjelaskan, partisipasi mahasiswa dalam program internasional ini dalam rangka meningkatkan lulusan FTG menjadi lebih baik.  Hal ini dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan program pembelajaran di tengah pandemi.

Program ini juga menjadi salah satu langkah Teknik Geologi Unpad dalam mengimplementasikan program Kampus Merdeka.  Program Internasional ini terdiri dari program student Exchange, magang, Symposium international poster presentation Pemetaan Geologi Lanjut.

Satu lagi yang menjadi unggulan yaitu program student exchange transfer credit dengan  skema penyetaraan nilai akhir berupa transfer kredit dan SKPI. “Program ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Geologi, yang memenuhi kriteria dan tentu saja dengan seleksi yang cukup ketat,” ujar Irvan dikutip dari laman FTG Unpad.

Sementara Kepala Unit Internasionalisasi FTG, Santi Dwi Pratiwi menjelaskan, berbagai program internasionalisasi yang bisa diikuti mahasiswa.  Program tersebut antara lain pertukaran pelajar Student Exchange (transfer kredit dan thesis) dengan Akita University Jepang, Simposium Poster Pemetaan Geologi untuk Pelajar Final Year Project dengan Universitas Malaysia Kelantan, Program Mobility Students-Joint Supervisor dengan Universitas Malaysia Kelantan dan University Malaysia Sabah.

Program selanjutnya, Internship and training Program Summer 2021 dengan Japan Space Systems, Program Exchange Students – Kampus Merdeka, Program Exchange Students (thesis) dan transfer kredit dengan Kyushu University, serta Double Degree Master Program Teknik Geologi dengan Akita University.

Sinta mengatakan, program tersebut merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa yang ingin memperoleh pengalaman internasional. Tidak hanya di perkuliahan, tetapi juga program magang.

“Selain itu, dengan international exposure experience, mahasiswa FTG Unpad dapat meningkatkan relasi internasional dan upgrade soft skill,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Dekan FTG Unpad, Mega Fatimah Rosana juga memberikan E-Certificate of Apreciation kepada peserta pertukaran mahasiswa transfer kredit tahun 2020 ke Akita University. Di tahun 2020, FTG Unpad mengirimkan lima mahasiswa yang terdiri dari Gabriela Cristia Natalia Gasperz, Lilian Cornelia Rieupassa,  Mirai Suchayla Adiba, dan Mila Komalasari.

Sumber : medcom.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *