Akui Kekurangan di Sektor Pendidikan Masih Banyak, Nadiem Makarim: Semua Ketahuan karena Pandemi

Pandemi

Masyarakat Indonesia saat ini masih berjibaku melawan pandemi Covid-19.

Sejak pertama kali diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2020 silam, Covid-19 masih menginfeksi ribuan orang setiap harinya di seluruh Tanah Air.

Tak hanya menyerang kesehatan, Covid-19 juga telah memberikan dampak buruk hampir di seluruh aspek kehidupan manusia.

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak akibat adanya pandemi Covid-19.

Terbaru, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa pandemi membuat segala hal yang menjadi kekurangan di dalam dunia pendidikan nasional menjadi lebih terlihat.

“Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang sebelumnya institusi kita sudah merasakan perlu ada perubahan di pendidikan, karena pandemi ini menjadi jauh lebih jelas,” katanya seperti dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari ANTARA.

Dirinya memaparkan kekurangan itu diantaranya mengenai kesenjangan digital, akses internet serta akses guru berkualitas yang tidak merata hingga penganggaran yang belum memprioritaskan daerah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar (3T) Indonesia.

“Itu semuanya menjadi ketahuan karena adanya pandemi,” ujarnya.

Saat pandemi, dirinya menambahkan sejumlah guru juga terlihat terpaksa untuk mempelajari berbagai macam platform pendidikan.

“Itu kalau tidak ada pandemi tidak mungkin bisa, bisa 10 tahun kita mencapai itu. Tapi karena pandemi guru dan orangtua belajar teknologi, Pak Presiden. Luar biasa dan mereka sekarang mengakses seminar-seminar online kita, partisipasinya semuanya memecahkan rekor,” ucapnya.

Soal infrastruktur dan teknologi, Nadiem mengatakan pihaknya bekerja sama, berkoordinasi dengan Menkominfo untuk memastikan bahwa sekolah menjadi prioritas untuk koneksi internet.

“Kami sedang mempersiapkan program distribusi laptop terbesar yang pernah terjadi sehingga anak-anak kita dan guru-guru kita bisa mengakses dan tentunya dengan proyektor dan juga WiFi router,” tuturnya.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *