Hari Kebangkitan Nasional dan Dunia Pendidikan

OPINI

Oleh : Yakobus Mite

Badai Covid-19 belum berlalu, tetapi semangat kita di seluruh penjuru dunia harus selalu ada agar kita mampu bangkit dari keterpurukan yang disebabkan Covid-19. Hari ini, 20 Mei 2021 kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah mengeluarkan pedoman penyelenggaraan Hartiknas yang ke-113, dengan tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

Peringatan Harkitnas tahun ini setidaknya telah mengubah cara dan gaya hidup orang banyak di seluruh dunia dalam menghadapi berbagai persoalan atau masalah dan tantangan di semua sektor termasuk Pendidikan.

Sektor Pendidikan menjadi ujung tombak suatu bangsa dalam menyiapkan Generasi Bangsa yang Tangguh menghadapi masalah dan tantangan global saat ini dan kelak.

Sebentar lagi kita mengakhiri tahun pelajaran 2020/2021 dan memasuki tahun pelajaran 2021/2022 diharapkan agar semua pihak yang menjadi bagian dari Pendidikan untuk Bangkit dan Tangguh sesuai dengan peran kita masing-masing agar kebutuhan anak akan pendidikan tetap terpenuhi sekalipun dalam kondisi atau pandemi Covid-19. Sebagai orang tua, pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah, tokoh masyarakat dan agama, pegiat pendidikan serta semua pihak agar bekerjasama dalam menyiapkan masa depan generasi bangsa sesuai peran kita masing-masing.

Kita harus Bangkit dalam pemahaman bahwa yang bertanggungjawab dalam dunia Pendidikan adalah semua pihak, bukan sebaliknya bahwa hanya sekolah dan pemerintah saja. Kita harus mampu Bangkitkan semangat generasi bangsa bahwa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangatnya dalam belajar dan belajar boleh dilaksanakan dimana saja yang terpenting masih dalam pengendalian.

Pesan khusus untuk Pendidik dan Kependidikan di seluruh penjuru tanah air agar kita Bangkit dan menjadi Tangguh dalam menyiapkan masa depan generasi bangsa sesuai dengan tugas kita masing-masing. Kita bangkitkan kreativitas, inovasi melalui teknologi dalam mendesain pembelajaran dengan teknik, metode, strategi dan model pembelajaran yang sesuai agar tujuan pendidikan berkarakter yang seutuhnya dapat tercapai dengan baik. 

Penulis, Pegiat Pendidikan

Jack Mite

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *