PPDB 2021 Bandung, Sekolah Harus Petakan Jalur Mandiri dan Kolektif

Jawa Barat

BANDUNG – Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Cucu Saputra mengatakan, sosialisasi PPDB 2021 tidak bisa bertumpu hanya pada Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Mengingat jumlah siswa yang akan mendaftar sangat banyak. Oleh karena itu, pihak sekolah harus aktif memberikan informasi kepada orangtua tentang PPDB 2021 lewat jaringan komunikasi.

Cucu meminta juga, pihak sekolah asal memetakan siswa mana yang mengikuti PPDB dan siswa yang tidak mengikuti PPDB karena mendaftar ke sekolah swasta.

Selanjutnya, petakan siswa mana yang akan mendaftar PPDB secara mandiri dan yang perlu dibantu oleh sekolah asal atau kolektif, untuk mendaftar PPDB.

Kemungkinan siswa itu perlu dibantu karena tidak memiliki peralatan teknologi untuk mendaftar PPDB 2021 secara daring atau tidak menguasai teknologi.

Bagi siswa yang perlu dibantu, siswa harus menyerahkan dokumen persyaratan kepada wali kelas dalam bentuk data digital.

“Dokumen persyaratan difoto, lalu diserahkan kepada wali kelas lewat pesan singkat atau surat elektronik. Jadi, bukan menyerahkan dokumen ke sekolah,” ujar Cucu.

Selanjutnya, sekolah asal perlu memetakan jalur pendaftaran yang dipilih setiap siswa dalam PPDB. Dengan mengetahui hal itu, sekolah asal bisa memastikan dokumen persyaratan yang dikumpulkan siswa sudah sesuai dan lengkap.

Dinas Pendidikan Kota Bandung pun menyediakan berbagai sarana komunikasi dengan orangtua siswa terkait PPDB. Orangtua bisa memantau Instagram @disdikbdg atau Youtube dan Facebook dengan nama Dinas Pendidikan Kota Bandung. Orang tua juga bisa berkomunikasi langsung di laman ppdb.bandung.go.id.

Cucu yakin, PPDB 2021 bisa berjalan lebih kondusif dengan harapan tidak ada orangtua yang datang ke sekolah seperti PPDB 2020.

“Dulu pengalaman pertama (PPDB daring) sehingga orangtua masih belum paham. Pandemi tahun lalu dimulai Maret 2020, sedangkan Mei sudah mulai PPDB, jadi waktunya terlalu mepet untuk mempersiapkan PPDB daring,” ucap Cucu.

Proses PPDB tingkat TK, SD dan SMP dimulai dari proses mengisi data calon siswa di laman PPDB Kota Bandung. Pengisian data dimulai dari 24 Mei 2021 hingga 11 Juni 2021. Setelah pendataan, proses selanjutnya yakni pendaftaran, calon siswa memilih sekolah dan jalur PPDB. Proses pendaftaran dimulai dengan jalur afirmasi dan prestasi pada 14 Juni 2021 hingga 18 Juni 2021. Selanjutnya, pendaftaran jalur zonasi dan perpindahan orangtua dimulai 28 Juni 2021 hingga 2 Juli 2021.

Pengumuman PPDB jalur afirmasi dan prestasi akan dilaksanakan pada 24 Juni 2021 dan daftar ulang pada 25 Juni dan 26 Juni.

Sementara, pengumuman PPDB jalur zonasi dan perpindahan orangtua dilaksanakan pada 7 Juli 2021 dan daftar ulang pada 8 Juli 2021 hingga 9 Juli 2021. Cucu mengatakan, Dinas Pendidikan telah menyiapkan jaringan internet yang baik agar proses PPDB bisa berjalan dengan lancar.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *