PPDB 2021 di Bandung, Orangtua Jangan Sampai Mendatangi Sekolah

Disdik Jawa Barat

BANDUNG. Dinas Pendidikan Kota Bandung mendorong pihak sekolah memaksimalkan jaringan komunikasi agar tidak ada orangtua yang mendatangi sekolah pada PPDB 2021.

PPDB 2021 akan diselenggarakan secara daring karena pandemi Covid-19 masih terjadi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Cucu Saputra mengatakan, sosialisasi PPDB tidak bisa bertumpu hanya pada Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Mengingat jumlah siswa yang akan mendaftar sangat banyak.

Oleh karena itu, pihak sekolah harus aktif memberikan informasi kepada orangtua tentang PPDB lewat jaringan komunikasi.

Dengan memaksimalkan penggunaan jaringan komunikasi, Cucu yakin, kedatangan orangtua ke sekolah untuk mengurus PPDB bisa dicegah.

Jaringan komunikasi bisa dibetuk lewat telefon. Sekolah asal diminta menyediakan dua nomor telefon sebagai tempat orangtua bertanya tentang PPDB.

Selain itu, informasi tentang PPDB juga bisa dibagikan lewat grup pesan singkat orangtua.

Menurut Cucu, grup pesan singkat antara orangtua dengan pihak sekolah asal sudah terbentuk di setiap sekolah sejak pandemi Covid-19.

“Jadi jangan sampai saat orangtua nanya ke sekolah tentang PPDB, sekolah jawabnya ‘tidak tahu’, silakan tanyakan ke Dinas Pendidikan’, jangan seperti itu,” kata Cucu, Minggu, 23 Mei 2021.

Selain lewat grup pesan singkat, sosialisasi kepada orangtua juga bisa diberikan lewat aplikasi Zoom Meeting. “Peran humas di setiap sekolah asal perlu dimaksimalkan agar komunikasi pada setiap sarana bisa berjalan optimal,” ucap Cucu.

Bagi siswa yang hendak mendaftar ke sekolah dasar (SD), tetapi tidak bersekolah di taman kanak-kanak (TK) terlebih dahulu, komunikasi bisa dijalin dengan TK terdekat rumahnya. Dinas Pendidikan Kota Bandung telah menginstruksikan hal tersebut kepada setiap TK.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *