Perkembangan Digital di Bidang Pendidikan Perguruan Tinggi di Era Pamdemi

OPINI

Oleh : Mohamad Kahis Alayya

Pendidikan merupakan hal terpenting bagi suatu Negara, Jika pendidikan tidak dapat dijalankan maka penerus bangsa ini akan mengalami kebodohan dan kehilangan generasi bangsa Indonesia. Digital merupakan hal yang perlu dikembangakan disektor pendidikan karena upaya untuk menunjang pendidikan agar lebih berkualitas dan dapat bersaing di lingkup internasional di era industri 4.0 saat ini.

Covid-19 mengubah segala hal yang terjadi di dunia pendidikan dimana tatap muka  Luar jaringan(Luring) yang dulu digunakan di perguruan tinggi

Kini bertransformasi menjadi dalam jaringan (Daring). Ini menjadi sebuah kesempatan untuk memperkembangkan dunia digital di bidang pendidikan, mahasiswa dituntut agar bisa dan mengupayakan diri terkait perkembangan digital ini agar mahasiswa dapat mengikuti perkembangan zaman. Ini sejalan dengan program pemerintah dimana upaya Indonesia agar menyosong perkembangan digital ini supaya pendidikan tidak lepas dari sentuhan teknologi.

Penyajian sistem pembelajaran online (e-learning) berbasis web ini lebih interaktif dan dapat mempermudah mahasiswa melakukan aktivitas pembelajaran dan perkuliahan yang lebih efektif dan efisien. Tidak hanya e-learning yang digunakan tetapi ada banyak aplikasi digital yang dapat menunjang aktivitas pembelajaran seperti google meet, zoom, classroom, dll.

Semua itu adalah perkembangan digital di dalam pendidikan. Dalam Proses digital ini tentu adanya suatu kendala yang menyebabkan lambatnya suatu proses digital. Berbagai kendala dihadapi oleh perguruan tinggi baik Swasta maupun Negeri saat melakukan penerapan digital di instansi masing-masing. Beberapa faktor yang menjadi keluhan dan lambatnya perkembangan digital adalah wilayah Indonesia yang sangat luas sehingga infrastruktur digital belum melakukan secara penuh pemerataan digital tersebut.

Infrastruktur dan informasi menjadi upaya penting yang harus di perhatikan sebagai pendukung aktivitas pembelajaran. Koneksi internet yang menjadi banyak keluh kesah mahasiswa serta peralatan yang kurang mendukung karena adanya kekurangan ekonomi yang menjadi  masalah, merupakan suatu kendala yang terjadi dibanyak perguruan tinggi baik Swasta maupun Negeri.

Sumber : kompasiana  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *