Juni 16, 2021
Upaya Pendidikan Pembaruan Kurikulum

Upaya Pendidikan Pembaruan Kurikulum

Oleh : Sri Maharani

Kurikulum merupakan hal penting dalam pendidikan , kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta dalam sustu periode pendidikan. Kurikulum yang berlaku di indonesia saat ini adalah kurikulum 2013, dimana pada kurikulum ini lebih menekankan kepada ke aktifan siswa dalam proses belajar. Namun, jika kita lihat hingga saat ini pelaksanaan dari kurikulum yang berlaku saat ini belum lah efektif dalam memajukan pendidikan indonesia. Berdasarkan data Program for International Student Assessment (2018 dapat dilihat bahwa pendidikan Indonesia dalam skala global berada dalam peringkat 6 terbawah dari 79 negara. Bahkan jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti malaysia dan singapura, pendidikan indonesia masih tertinggal jauh.

Hal ini tentu menjadi “PR” bagi pemerintah untuk menemukan solusi agar pendidikan indonesia dapat lebih maju. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan pembaruan kurikulum, karena kurikulum yang ada saat ini belum lah efektif untuk diterapkan. Sehingga perlu kurikulum baru yang benar-benar sesuai dengan perkembangan zaman, karakteristik siswa dan dapat mengembangkan serta memaksimalkan minat  dan bakat dari siswa itu sendiri.

            Dalam pembaharuan kurikulum indonesia dapat merujuk kepada negara-negara yang kualitas pendidikannya jauh lebih maju daripada indonesia. Contoh saja finlandia, negara ini selalu berada dalam peringkat 3 besar sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik. Salah satu kunci dari baiknya kualitas pendidikan di finlandia adalah karena mereka konsisten dengan kurikulum yang mereka miliki. Pendidikan di finlandia lebih memfokuskan pada pemahaman dari siswa dan bukan kepada nilai.sehingga dalam pendidikan finlandia tidak ada rangking, karena dengan adanya rangking akan membuat siswa lebih mengutamakan nilai semata. Selain itu prinsip kurikulum finlandia yakni Non-discrimination and equal treatment sangat tepat untuk diterapkan di indonesia, prinsip ini menekankan pada tidak ada diskriminasi dan adanya perlakuan yang sama, setiap siswa memiliki hak yang sama dalam pendidikan.

            Pada dasarnya setiap siswa memiliki keunggulannya masing-masing, oleh karena itu diperlukan pengenalan minat dan bakat siswa sedini mungkin agar potensi dan bakat yang dimiliki dapat diarahkan dan dikembangkan. Siswa perlu diberikan kebebasan dalam menentukan pelajaran yang mereka minati, banyak siswa yang merasa gagal karena mendapat nilai buruk pada mata pelajaran yang sebenarnya bukan bidang yang mereka bisa. Hal ini dapat diatasi dengan adanya kurikulum yang mengatur mengenai kebebasan siswa dalam memilih dan  menekuni pelajaran dan bidang yang mereka bisa.

            Pembaharuan kurikulum juga harus memperhatikan perkembangan zaman, sehingga diharapkan kurikulum yang ada nantinya masih tetap dapat diterapkan hingga 20 atau 30 tahun mendatang, sehingga perlu penambahan jurusan-jurusan atau bidang keilmuan baru, bisa saja nantinya akan ada jurusan game, AI, dan analisis media sosial. Penambahan jurusan baru tentu sangat diperlukan karena seiring perkembangan zaman maka pekerjaan-pekerjaan tertentu akan tergantikan oleh teknologi dan akan memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru yang berkaitan dengan teknologi. Pendidikan dimasa mendatang pasti akan sangat terkait dengan teknologi, sehingga perlu lebih diatur mengenai metode belajar dengan memanfaatkan teknologi dalam kurikulum yang baru.

            Hal ini sudah dapat dilihat seperti yang terjadi saat ini, dimana belajar tidak harus ke sekolah atau kampus ,tapi bisa dilakukan dari rumah melalui smartphone dan komputer. Diharapkan jika ada pembaharuan kurikulum nantinya metode ini dapat  terus dikembangkan, bukan tidak mungkin dimasa mendatang semua proses belajar mengajar hanya dilakukan melalui smartphone semata. Pemanfaatan teknologi akan sangat membantu siswa,guru maupun dosen dalam proses belajar mengajar, teknologi akan lebih memudahkan siswa untuk mengakses informasi dan mendapatkan materi terkait dengan bidang keilmuan yang ditekuni.

            Oleh karena itu, kurikulum yang ada saat ini perlu diperbarui agar lebih efektif dan sesuai dengan perkembangan dan karakteristik siswa dimasa saat ini dan di masa yang akan datang. Selain itu tujuan dari pembaharuan kurikulum ini memecahkan permasalahan pendidikan yang ada di indonesia saat ini, agar kualitas pendidikan indonesia dapat lebih maju dan diperhitungkan dalam skala global.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *