Juni 16, 2021
Memanfaatkan waktu luang, literasi membaca pada anak meningkat

Memanfaatkan waktu luang, literasi membaca pada anak meningkat

Oleh : Afan Susilo

Pengabdian kepada masyarakat telah diselesaikan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Minggu (23/05/2021). Kurang lebih selama satu bulan, pada hari Sabtu dan Minggu, melaksanakan program kerjanya dalam upaya meningkatkan Literasi Membaca Pada Anak di Randu Barat RT 05, Kecamatan Sidotopo Wetan, Kota Surabaya.

Peningkatan literasi membaca selain untuk memanfaatkan waktu luang karena sekolah dilakukan secara daring di masa pandemi,  peningkatan literasi membaca juga bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan anak dalam membaca dan menerapkan budaya membaca sejak dini, dimana anak akan lebih mudah dibentuk karakter dan kebiasaannya karena di masa itu anak sedang dalam vase pembentukan karakter sehingga penting sekali untuk menerapkan budaya membaca sejak dini.

Dengan menyediakan berbagai macam buku setiap anak dapat memilih judul buku sesuai dengan yang diinginkan, dengan hal itu anak dapat terpacu untuk memiliki ketertarikan dalam membaca. Dan dengan kehadiran mahasiswa untag ini juga para orang tua merasa terbantu karena anaknya bisa melakukan kegiatan yang positif, yang mulanya setiap hari kecanduan game online usai sekolah daring.

Ia juga mengedukasi para orang tua mengenai penggunaan aplikasi daring seperti Zoom, Google Meet dan Google Classroom, sehingga para orang tua dapat mengaplikasikan dan memantau secara langsung kegiatan sekolah anak dengan mudah,  disela kegiatan edukasi para orangtua juga menyampaikan beberapa kendala yang dialaminya saat sekolah daring berlangsung.

Kini, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut sudah berakhir. Sewaktu pamitan Ia memberikan cinderamata kepada Pak RT dan dalam kesempatan itu, Pak RT mengucapkan banyak terima kasih, di samping itu berharap untuk sesekali memantau perkembangan membaca anak guna menanyakan hasil edukasi selama kegiatan pengabdian masyarakat.

Sumber : kompasiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *