Temuan Maladministrasi PPDB Banten, Dindikbud: Kadis Dan Sekdis Positif Covid-19!

Banten

BANTEN. Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Banten menemukan adanya maladministrasi pada pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) 2021 di Banten.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan mengatakan, pihaknya akan melakukan audit terhadap sistem PPDB melalui pendapat para ahli.

“Temuan ada maladministrasi dan kita dalami dan melakukan audit sistem aplikasi yang dipakai mereka,” kata Dedy kepada wartawan Selasa (6/7).

Senada, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman Banten, Zainal Muttaqin menambahkan, maladministrasi ini akibat koordinasi yang tidak berjalan di internal Dindikbud Banten.

“Ketika kepala dinasnya sakit dan tidak bisa menjalani program, seharusnya ada PLT atau PLH, tapi ini tidak. Sehingga ketika bawahannya seolah-olah seperti tidak punya kewenangan,” ungkap Zainal.

Zainal memastikan sistem PPDB tidak eror bahkan tidak ada kendala sama sekali sehingga perlu evaluasi di internal Dindik.

“Servernya sebenarnya tidak adanya masalah. Tapi ketika mengakses, dan pelayanan situs online PPDB ketika ada kendala seharusnya dilayani, bukan malah dialihkan,” kata Zainal.

Sementara itu, Kepala Bidang SMA Dindikbud Banten, Lukman Hakim mengklaim kesalahan PPDB terjadi karena Kepala Dinas dan Sekertaris Dinas positif Covid-19 sehingga pelaksana tidak bisa mengeksekusi kebijakan.

“Kan kepala dinasnya kena Covid-19, ini membuat sulit koordinasi, saya enggak berani ambil kebijakan secara sepihak,” pungkasnya.

Sumber : rmolbanten.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *