Quipper Tawarkan Pembelajaran Online yang Interaktif, Seperti Apa?

PJJ

JAKARTA – Setelah setahun lebih pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilaksanakan di Indonesia, tentu masih banyak bermacam hambatan yang dialami. Namun proses PJJ ini tetap diperlukan agar siswa tidak mengalami kehilangan pembelajaran.

Oleh karena itu perlu dilakukan optimalisasi proses PJJ dari berbagai pihak agar siswa terhindar dari ancaman learning loss. Hal itu salah satunya dilakukan oleh Quipper, mengklaim punya metode khusus agar siswa dapat memahami materi ajar.

Quipper, perusahaan teknologi pendidikan, menyebutkan peran edtech tidak terbatas sebagai penyedia tambahan materi ajar. Melainkan harus bisa membantu siswa dalam memahami materi ajar, salah satunya lewat pembelajaran interaktif.

“Pada dasarnya tahun ini kami ingin dapat memberikan pengalaman belajar online yang lebih baik lagi untuk siswa agar dapat membantu proses belajar siswa menjadi lebih optimal, baik ketika belajar dari rumah atau pada masa transisi kembali belajar tatap muka,” ujar Ruth Ayu Hapsari, Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (30/7/2021).

“Hal ini kami lakukan dengan menambahkan fitur tambahan yang interaktif dan efektif serta beberapa tawaran paket belajar yang lebih lengkap. Melalui fitur Tanya Tutor dan Live Class yang sudah termasuk dalam semua paket Quipper harapannya siswa-siswi dapat lebih terbantu lagi dalam proses belajar mandiri,” tambahnya.

Untuk tahun ajaran baru 2021/2022, Quipper telah meluncurkan paket belajar yang lebih beragam dan menghadirkan fitur gratis Tanya Tutor dan Live Class di semua paket belajarnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pelajar SMP hingga SMA.

Alasan utamanya adalah untuk membantu siswa dalam proses pemahaman materi di saat membutuhkan penjelasan lebih lanjut serta untuk meningkatkan motivasi belajar terutama ketika siswa saat ini lebih banyak dituntut untuk bisa belajar secara mandiri.

Dalam fitur chat Tanya Tutor, siswa dapat memilih mata pelajaran yang ingin didiskusikan dengan tutor Quipper dari 12 mata pelajaran yang tersedia. Siswa dapat mengirimkan pertanyaan dalam bentuk gambar atau file berbentuk ppt, word, atau pdf., dan juga dapat bertanya ke lebih dari satu mata pelajaran pada saat bersamaan.

Tutor ini, menurut Quipper, punya latar belakang pendidikan dan berpengalaman mengajar di bidangnya masing-masing akan membantu memberikan penjelasan kepada siswa hingga materi yang ditanyakan dapat dimengerti.

Melalui fitur ini, siswa mendapatkan pendekatan yang lebih baik karena terlibat aktif dalam pembelajaran serta dapat merancang pembelajaran yang variatif sesuai dengan kemampuan siswa.

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *